Sedang di India, Mentan SYL Batal Diperiksa KPK

  • Bagikan
  • Dijadwal Ulang 27 Juni

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID JAKARTA -- Agenda Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) dipastikan batal hari ini, Jumat (16/6/2023).
Dikutip dari Humas Kementerian Pertanian, Mentan SYL saat ini berada di India dalam rangka menghadiri Arief Cahyono juga membenarkan Syahrul tengah berada di India dalam rangka G20.
Pembatalan pemeriksaan Mentan SYL juga disampaikan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron. Pihaknya menyebut proses pemeriksaan akandijadwalkan ulang.
"Yang bersangkutan memberitahu KPK bahwa yang bersangkutan terjadwal kegiatan ke India," kata Nurul Ghufron.
Adapun jadwal pemeriksaan ulang akan dilakukan 27 Juni.
Sebelumnya, Sementara itu, Ketua KPK Firli Bahuri belum mau membeberkan kasus dugaan korupsi di Kementan.
"Nanti kita akan ungkap semua, ya. Pada saatnya kita sampaikan," ucap Firli di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (15/6).
Firli tetap enggan mengungkap kasus itu meski dilontarkan pertanyaan oleh awak media. Termasuk saat disinggung soal dugaan keterlibatan Menteri asal Partai Nasdem tersebut.
"Pada saatnya KPK akan menyampaikan apa hasil penyelidikannya," ujar Firli.
Namun, Firli menampik tudingan jika proses hukum ini bermuatan unsur politis. Firli mengklaim, KPK bekerja secara profesional dan bertanggung jawab.
"KPK itu adalah lembaga negara yang dalam melakukan proses tugas dan kewenangannya tidak terpengaruh dengan kekuasaan apapun. Dengan kekuasaan saja tidak berpengaruh, apalagi isu dan fitnah. Jadi apa yang didalami KPK, apa yang terjadi di KPK itu sepenuhnya adalah proses hukum, tidak ada proses lain," tegas Firli.(int-jp/fajar)

  • Bagikan