Senator Lily Salurapa Undang Dubes Belgia Ke Toraja

  • Bagikan

*Jalin Kerjasama Indonesia-Belgia

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA--Duta Besar Belgia untuk Indonesia Frank Leon L Felix melirik akan pengembangan biji Kopi dan juga Kakao di Toraja, Hal itu diungkapkannya dalam rapat yang digelar Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD RI di ruang rapat kerja DPD RI, Senayan Jakarta, Rabu 21 Juni 2023.

Senator asal Sulawesi Selatan, Lily Amelia Salurapa yang hadir dalam rapat tersebut juga turut menyampaikan hal-hal peningkatan kerjasama bilateral antara Indonesia dengan Belgia yang dilakukan di daerah terkhusus di Tana Toraja dan Toraja Utara.

Bahkan Lily secara langsung mengundang khusus Dubes Kerjaan Belgia itu ke Toraja melihat beberapa ekspor unggulan di Toraja antara lain, komoditi seperti biji kopi dan Kakao. Selain itu beberapa sektor di bidang peternakan juga menjadi pembahasan.

“Tidak hanya dibidang pertanian dan peternakan, hal lain yang menjadi pembahasan dengan Dubes Belgia yakni pembangunan pelabuhan ekspor internasional dimana Sulsel, bisa menjadi penghubung langsung dari kerjasama antar negara Indonesia dan juga Belgia,” jelas Lily Salurapa.

Selain itu dalam rapat kerja juga Lily menyampaikan beberapa hal seperti kerjasama dibidang sektor pendidikan, pariwisata, budidaya perikanan, dan juga maritim.

“Kita menangkap kesempoatan baik ini di DPD RI untuk menjalin kerjasama yang baik dengan negara Belgia, inilah yang kita lakukan untuk memperkuat hubungan dan kemitraan kedua negara di berbagai bidang,” pungkas Lily Salurapa yang juga anggota DPD RI Komite 3.

Srikandi asal Sulsel ini juga menjelaskan jika negara kita di Indonesia, merupakan pemimpin ASEAN dan Belgia merupakan salah satu dari enam negara pendiri Uni Eropa, sehingga adanya kerjasama bisa menjadi jembatan kemitraan dan kolaborasi antara kedua kawasan. Salah satunya adalah implementasi jaringan Desa ASEAN untuk membangun One Vilage One Product dan Desa Wisata.

Sementara itu, Dubes Frank Leon L. Felix menyambut baik kerjasama yang telah disampaikan BKSP DPD RI, terkhusus di beberapa wilayah di Indonesia. Dimana ia akan menginformasikan ke perusahaan-perusahaan di Belgia agar dapat membuka peluang kerjasama tak terkecuali di Sulawesi Selatan.

Lanjut Felix menyampaikan, kalau pihaknya melirik dan fokus akan pengembangan biji kopi dan juga Kakao. Untuk diketahui jika negara tersebut merupakan negara penghasil Kakao terbaik dunia. Sehingga dirinya tertarik apa yang disampaikan senator Lily Amelia Salurapa.

Felix juga menjelaskan bahwa pelaku usaha di negaranya mendukung adanya kerja sama ekonomi biru yang memfokuskan pada pengembangan maritim dan perikanan. Dirinya pun mendorong agar setiap daerah di Indonesia dapat mengembangkan pasar perikanan untuk didistribusikan ke Eropa melalui Pelabuhan Antwerpen Belgia. Jika melalui pelabuhan tersebut, komoditi perikanan dari Indonesia dapat didistribusikan ke seluruh wilayah Eropa secara bebas sehingga akan menghemat biaya ekspor Indonesia.

“Orang Eropa suka makan ikan, tetapi kami tidak memiliki stok ikan yang banyak. Selama ini hanya mengimpor dari Jepang dan Vietnam. Ini bisa menjadi potensi pangsa pasar dan peluang dalam budidaya perikanan di Indonesia. Ini perlu didiskusikan lebih lanjut terkait kerja sama ini,” pungkas Felix.

Rapat bersama antara BKSP DPD RI dan Dubes Kerajaan Belgia dipimpin Ketua BKSP DPD RI, Sylviana Murni, selain Lily Amelia Salurapa (DPD RI Sulsel), juga turut hadir Senator dari Sumatera Utara Badekenita Br Sitepu, dan Senator dari  Daerah Istimewa Yogyakarta, Hilmy Muhammad. (man)

  • Bagikan