MASATA Toraja Gelar Event Hari Tari Dunia “Toraja Bercerita 2023” Ingat Tanggal 26-27 Juni 2023

  • Bagikan

MASATA Toraja Gelar Event Hari Tari Dunia “Toraja Bercerita 2023” Tanggal 26 hingga 27 Juni 2023. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO -DPC MASATA Kabupaten Toraja Utara,kembali menggelar event pertunjukkan Hari Tari Dunia yang tahun 2023 ini mengusung tema “Toraja Bercerita” .

Dimana Toraja Bercerita ini ,mengangkat beberapa cerita rakyat Toraja yang melegenda, antara lain ; Batingna Lebonna, Eran Dilangi’, dan Tengkoasik yang akan di bawakan oleh beberapa sanggar yang ada di Toraja maupun dari luar Toraja.

Hari Tari Dunia ini juga melibatkan pekerja seni khususnya dibidang tari diluar Toraja, ada dari Sabang, Makassar, Bulukumba, dan Luwu.

Menurut Ketua MASATA Toraja Damayanti Batti,Kepada Palopopos, Minggu,25 Juni 2023 katakan selain pertunjukkan tari ,juga akan ada pertunjukkan musik tradisional dan musik modern dari musisi Toraja serta pameran UMKM mulai dari kerajinan, hingga kuliner.

"Melalui event ini diharapkan dapat membantu membangun atraksi seni budaya, khususnya seni tari yang merupakan salah satu elemen penting yang ada di Toraja dalam menunjang pariwisata. Program-program acara yang ada dalam event ini sangat di harapkan dapat menciptakan berbagai kolaborasi kearifan lokal dengan budaya masakini. " Jelas Damayanti Batti yang tak lain Istri Wakil Bupati Toraja Utara.

"Tarian yang diciptakan dalam kegiatan ini, diharapkan menjadi budaya di masa depan yang memiliki nilai-nilai imajinatif futuristik, yang bisa mengkombinasikan budaya masa kini dengan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini. Acara ini akan berlangsung dari tanggal 26-27 Juni 2023 bertempat di Lapangan Bakti Rantepao, Toraja Utara," pungkas Ketua Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) Toraja Utara. (Albert)

  • Bagikan