Hadiri Hari Tari Dunia di Rantepao, Senator Lily Amelia Ajak Dubes Maroko

  • Bagikan
Anggota DPD RI Lily Amelia Salurapa bersama Deputi Pemasaran Kemenparekraf RI, Made Ayu Marthini dan Duta Besar Maroko untuk Indonesia Ouadia Benabdella saat hadiri Hari Tari Dunia di Lapangan Bakti, Rantepao, Kabupaten Toraja Utara. --FOTO ISTIMEWA--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA--Anggota DPD RI Lily Amelia Salurapa menghadiri Hari Tari Dunia (HTD) yang digelar di Lapangan Bakti, Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Senin 26 Juni 2023.

Senator asal Sulsel tersebut hadir sejak sore hari dan mengajak dua tamu yakni Deputi Pemasaran Kemenparekraf RI, Made Ayu Marthini beserta rombongan serta Duta Besar Maroko untuk Indonesia Ouadia Benabdella.

Usai menghadiri acara rambu solo di Kete’ Kesu’, Kelurahan Pantanakan Lolo, Kecamatan Kesu, ketiganya kompak menyaksikan tari-tarian yang di bawakan para siswa-siswi dari Toraja Utara. Mulai dari menampilkan pagellu serta kesenian tari dan dikolaborasikan dengan alat musik etnik Toraja.

Dalam pelaksanaan Hari Tari Sedunia ini juga disaksikan oleh ratusan warga dan turis lokal serta mancanegara yang berkumpul di Lapangan Bakti Rantepao sejak sore hari.

Event tahunan tersebut dengan tema ‘Toraja Bercerita’ yang diprakarsai oleh Masyarakat Sadar Wisata (Masata) DPC Toraja Utara. Kegiatan ini diadakan selama dua hari terhitung hari ini 26 Juni hingga 27 Juni 2023.

Ketua Masata DPC Toraja Utara, Damayanti Batti dalam sambutannya mengucapkan terima kasihnya kepada para tamu yang hadir yakni Dubes Maroko dan Deputi Pemasaran Kemenparekraf RI, Made Ayu Marthini yang mewakili Menteri Sandiaga Uno.

“Selamat datang Bapak Dubes Maroko, Deputi Pemasaran Kemenparekraf RI, Made Ayu Marthini dan terkhusus Ibu Lily Amelia Salurapa yang juga terus mendukung akan kegiatan-kegiatan yang menunjang kesenian, budaya serta pariwisata di Toraja Utara ini, dan juga Pemerintah Daerah dalam hal ini Pemkab Toraja Utara yang dihadiri langsung oleh Wabup Frederik Viktor Palimbong,” kata Damayanti.

Ia pun menjelaskan tema HTD 2023 kali ini mengangkat beberapa cerita rakyat Toraja yang melegenda. Diantaranya Batingna Lebonna, Eran Dilangi’ dan Tengkoasik yang akan di bawakan oleh beberapa sanggar tari yang ada di Toraja maupun dari luar daerah.

Selain dari Toraja, keterlibatan pekerja seni juga secara khusus sangat membantu diantaranya dari pekerja seni di bidang kesenian tari dari Sabang, Makassar, Bulukumba dan Luwu. (net)

  • Bagikan