Pertina Sulsel Siap Laksanakan PraPON di Makassar

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, MAKASSAR-- Pengurus Provinsi Persatuan Tinju Amatir Indonesia Sulawesi Selatan (Pengprov PERTINA Sulsel) siap menjadi tuan rumah Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) I- XXI 2023.

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Cabang Olahraga Tinju ini akan berlangsung 20 hingga 31 Juli 2023 di Gedung Olahraga (GOR) Sport Hall Makassar, Jl AP Pettarani.

"Pertina Sulsel menjadi tuan rumah Pra PON dan seluruh ketua Pengkab dan Pengkot menjadi panitia, termasuk saya selaku Ketua Pertina Palopo ikut ambil bagian dalam kepanitiaan," kata Ketua Pengurus Kota (Pengkot) Palopo, Hamsir Tahir SSos kepada Palopo Pos, Selasa, 27 Juni 2023 lalu.

Sementara itu, Ketua Pengprov Pertina Sulsel, Harpen Reza Ali, dengan penuh antusias menyampaikan bahwa Sport Hall Makassar akan dijadikan sebagai tempat pelaksanaan Pra PON I-XXI setelah melalui pertimbangan yang matang. GOR Sport Hall Makassar adalah sarana olahraga baru yang dibangun atas inisiasi tokoh olahraga Sulsel A Reza Ali.

‘’Kami membangun sendiri sarana olahraga. Semua kami lakukan untuk kepentingan pembinaan dan prestasi olahraga, baik di Makassar maupun untuk kepentingan Sulawesi Selatan. Karena, mohon maaf, di Makassar, bahkan di Sulsel tidak ada sarana olahraga yang memadai,” jelas Harpen Reza Ali, Senin (26/6/2023), melalui rilis yang diterima Palopo Pos.

GOR Makassar Sport Hall dibangun dengan anggaran puluhan miliiar rupiah di atas lahan seluas 4.500 m2. pelatakan batu pertamanya pada awal Maret 2023 lalu.

"Venue pertandingan (Sport Hall Makassar) sementara ini dalam proses finishing. Kami berharap bisa selesai sesuai target dan bisa memberi pengalaman terbaik bagi semua peserta dan penonton," kata putra tokoh olahraga asal Sulsel ini.

Terkait peserta, yang sudah mendaftar tercatat 339 orang. Mereka berasal dari 24 provinsi dari 38 provisni se Indonesia. ‘’Jumlah ini masih akan bertambah. Karena masih ada beberapa provinsi yang belum mendaftar,” jelas Harpen Reza Ali.

Rinciannya 130 atlet putri dan 209 atlet putra yang siap beraksi di atas ring. Mereka akan bertanding dalam 20 kelas yang penuh tantangan dan kejutan.

"Kami sangat bersemangat menggelar tahap Pra-PON pertama ini di Sport Hall Makassar. Kami telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan cermat dan profesionalisme tinggi. Kami berharap bahwa kejuaraan ini akan menjadi panggung bagi atlet-atlet tinju se Indonesia menunjukkan kemampuan mereka dan mewujudkan impian dalam meraih prestasi di dunia tinju amatir," timpal Ketua Panitia Pelakasana Pra PON I-XXI 2023, M Tawing, penuh semangat.

Pertina Sulsel tidak hanya berfokus pada Pra PON di Makassar. Mereka juga telah mempersiapkan atletnya memgikuti seri kedua pada kejuaraan yang sama di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pra PON Seri kedua itu direncanakan berlangsung pada Oktober mendatang.

‘’Hal ini menunjukkan komitmen Pengprpv Pertina Sulsel dalam memajukan tinju amatir di Sulsel untuk Indonesia serta memberikan kesempatan kepada atlet-atlet tinju dari berbagai daerah untuk bersaing dan mengejar prestasi,’’ tambah Tawing yang juga Ketua Pengkot Pertina Makassar tiga periode.

Melalui kesempatan ini baik Harpen Reza Ali maupun M Tawing mengajak semua pihak, mulai dari pecinta tinju, penggemar olahraga, hingga masyarakat umum, datang dan menyaksikan pertandingan seru dalam Pra PON XXI.

‘’Event ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Karena inilah kali pertama Sulsel menjadi tuan rumah Pra PON cabor tinju,” ujar Harpen Ali.

''Memancarkan semangat olahraga, sportifitas kejujuran, dan ketangguhan atlet-atlet Indonesia," timpal M Tawing.(ikh)

  • Bagikan