Tiga Fraksi Bertahan di Kantor Sekarang

  • Bagikan

F-Demokrat Tergantung Ketua DPRD soal Paripurna HUT Palopo

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA-- Pegawai Sekretariat DPRD Palopo sudah berkemas mempersiapkan pindah ke gedung baru DPRD Kota Palopo di Kel. Tobulung, Senin, 26 Juni 2023 kemarin.

Namun tiga fraksi bertahan untuk tetap berkantor di gedung DPRD Palopo yang sekarang di Jl. Andi Baso Rachim, depan Lapangan Pancasila.

Mereka tidak akan mengikuti rapat paripurna di baru DPRD dengan agenda Peringatan HUT ke-21 Kota Palopo pada Ahad, 2 Juli 2023 nanti di gedung baru DPRD, Kel. Tobulung, Kec. Bara.

Ketiga fraksi tersebut yakni Fraksi Partai Golkar, Fraksi PDIP, dan Fraksi Gerindra. Sementara Fraksi Demokrat, tergantung sikap Ketua DPRD Palopo, Dr Hj Nurhaenih MKes.

Anggota Fraksi Golkar, Baharman Supri menegaskan jika fraksi Golkar tidak akan mendatangi gedung baru tersebut, terutama dalam kegiatan paripurna hari jadi kota. "Alasannya, karena kami sudah menolak pembangunannya. Dan menganggap gedung yang ada ini masih sangat layak digunakan," kata Baharman di ruang kerjanya, Senin, 26 Juni 2023.

Demikian pula anggota Fraksi PDIP, Angga Bantu mengatakan bahwa anggota Fraksi PDIP tidak akan membawa dirinya dalam sidang paripurna di gedung baru itu. "Sesuai dengan pendapat fraksi kami menolak pembangunan gedung baru. Jadi tidak mungkin kami akan hadir," katanya.

Ada juga Fraksi Gerindra yang saat ini masih berpedoman terhadap pendirian mereka dari dasar penolakan pembangunan gedung tersebut. Alasan lain pula bahwa gedung DPRD yang baru tersebut belum menunjang dari sarana dan prasarana untuk kegiatan anggota DPRD.

"Di gedung baru masih banyak kekurangan. Kami juga tegaskan tidak bisa hadir dalam peresmiannya 2 Juli mendatang," kata Ketua Fraksi Gerindra, Nureny.

Sementara Fraksi Demokrat, tergantung sikap pimpinan DPRD. "Kuncinya ada pada ketua DPRD. Sepakat atau tidaknya pelaksanaan paripurna hari jadi dilaksanakan di gedung baru itu. Karena yang melaksanakan sidang paripurna ini adalah kewenangan DPRD," kata Ketua Fraksi Demokrat, Cendrana Saputra. (rul/ikh)

  • Bagikan