Launching DASHAT di Lembang Salu,dr. Lina Rombe: Semoga Stunting Dapat Landai di Toraja Utara

  • Bagikan

Kadis P3AP2KB dr. Lina Rombe didampingi Camat Sopai Paulina Ruru Banne,Kepala Lembang Salu Roni Pata' Allo saat gunting pita launching DASHAT di Aula Kantor Lembang Salu. Kamis ,7 Juli 2024. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO -Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Toraja Utara ,melaksanakan Launching BKKBN DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting,kolaborasi rumah gizi Lembang Salu ,Kecamatan Sopai .

Kegiatan launching BKKBN DASHAT tersebut dibuka oleh Kadis PPPAPPKB Kabupaten Toraja Utara dr. Lina Rombe di dampingi Camat Sopai Paulina Ruru Banne ,Kalem Salu Roni Pata' Allo .

Usai acara launching Dapur Sehat Atasi Stunting dr .Lina Rombe kepada Palopo pos,Kamis,7 Juli 2023 mengatakan hari ini saya datang di kantor lembang salu untuk menghadiri launching Dapur Sehat Atasi Stunting,kolaborasi rumah gizi Lembang Salu.

"Kegiatan ini memang arahan dari Provinsi dan Pusat bahwa setiap Kabupaten dalam hal ini setiap Kecamatan, Lembang dan kelurahan harus ada dapur sehat atasi Stunting koleksi rumah gizi dalam rangka penurunan Stunting di Kabupaten Toraja Utara.Jadi 24 Kabupaten/Kota ada semua DASHAT nya kolaborasi rumah gizi." Jelas dr. Lina Rombe yang tak lain mantan Kadis Kesehatan Toraja Utara ini.

Dirinya berharap agar dengan adanya DASHAT ini , angka Stunting di kabupaten Toraja Utara dapat menurun .

"Harapan saya dalam launching Dapur Sehat Atasi Stunting,kolaborasi rumah gizi bisa landai di Kabupaten Toraja Utara " harapnya

Ditambahkan Camat Sopai Paulina Ruru Banne jelaskan bahwa launching Stunting ini sudah ada beberapa yang melaksanakannya diataranya Lembang Nonongan Selatan, Kelurahan Nonongan Utara ,di Kantor Kecamatan serta di beberapa acara Rambu Solo'dan Rambu Tuka' .

"Di acara rambu Solo'dan rambu tuka' ,kita koordinasi kepada Tokoh Masyarakat,Tokoh Adat dan Kepala Lembang agar dapat berbagi berkat untuk mencegah Stunting di Kecamatan Sopai. Karena Kecamatan Sopai ada 192 anak Stunting kita yang perlu kita pikirkan bersama,supaya angka Stunting dapat menurun," kata Camat Sopai .

Selain itu , Camat Sopai juga jelaskan kepada remaja -remaja putri yang akan menikah itu sebaiknya bekerjasama dengan pihak agama.

"Saya rencanakan disetiap pertemuan, akan mensosialisasikan tentang perkawinan dini .Karena saat ini ,banyak anak-anak kita tidak mau menyusui anaknya," imbuhnya.

Terkait angka Stunting yang mencapai 192 anak , Camat Sopai berharap agar di Kecamatan Sopai ini bebas dari Stunting .karena Stunting ini jika terpelihara,maka siapa generasi penerus yang akan menggantikan kita ini jika sudah pensiun.

"Saya berharap agar di Kecamatan Sopai ini bebas dari Stunting,karena kedepan siapa yang mau mengganti , tentunya anak-anak kita generasi muda yang akan menggantikan kita , oleh karena itu semoga kita bebas dari Stunting," harap Camat Sopai ini.

Sementara Kepala Lembang Salu, Roni Pata'Allo menyampaikan terimakasih kepada Kepala Dinas PPAPPB Kabupaten Toraja Utara , Canat Sopai yang telah hadir untuk melaunching DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting, kolaborasi rumah gizi.

"Dengan dilaunchingnya DASHAT di sini, semoga angka Stunting bisa melandai, dan kalau bisa tidak ada lagi Stunting khususnya di Lembang Salu ini," harapnya.

Turut hadir dalam acara Launching DASHAT yakni perwakilan dari Lembang Salu Sopai , Lembang Langda , Lembang Tombang langda ,Lembang Salu Sarre , Para Kepala Dusun,BPL dan PKK. (Albert)

  • Bagikan