Wabup Torut FVP Serahkan Bantuan untuk 170 Penyandang Disabilitas Senilai Rp368 Juta

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID RANTEPAO -- Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Viktor Palimbong, ST didampingi Kepala Dinas Sosial Kab. Toraja Utara, Elias Madi, S. Sos., MM menyerahkan bantuan atensi penyandang disabilitas kepada perwakilan masyarakat Penyandang Disabilitas tahun anggaran 2023.
Bantuan tersebut dari Kementerian Sosial melalui Sentra Wirajaya di Makassar dan difasilitasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Toraja Utara.


Bantuan tersebut berupa uang tunai sebesar Rp 368 juta yang akan diserahkan kepada 170 orang penyandang disabilitas di Kabupaten Toraja Utara yang berlangsung di Kantor Pos Rantepao (5/07/2023) yang turut dihadiri Aminah dari Sentra Wirajaya Makassar.


Dalam sambutannya, Wabup Toraja Utara, Frederik V. Palimbong menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Sentra Wirajaya Makassar atas bantuan tersebut.


“terima kasih kepada Ibu Aminah perwakilan Sentra Wirajaya Makassar atas perhatian dan bantuan atensi yang diberikan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang menerima bantuan ini" Ungkap Wakil Bupati Toraja Utara.


"saya yakin seluruh jajaran Dinas Sosial dapat memikirkan hal-hal yang akan dilakukan setelah ini karena bantuan ini sangat terbatas, nilainya kita apresiasi karena penerima bantuan mendapatkan atensi uang tunai sebesar Rp. 2 juta hingga Rp. 3 juta rupiah bagi penerima bantuan ini ada sebanyak 170 orang yang sudah di asesmen, diversifikasi bahkan divalidasi datanya dan diharapkan bantuan ini betul-betul dapat dimanfaatkan dengan baik", tambah Wabup Toraja Utara.


Menambahkan hal tersebut, Kepala Dinas Sosial Kab. Toraja Utara, Elias Madi menyampaikan bahwa bantuan ini ada karena upaya dari Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Dinas Sosial Kab. Toraja Utara yang mengajukan permohonan bantuan atensi kepada Kementerian Sosial melalui Sentra Wirajaya di Makassar.


“terkait dengan masalah disabilitas di Kabupaten Toraja Utara tentu bantuan ini sangat dibutuhkan oleh saudara kita untuk pemenuhan kebutuhan hidup layak maupun digunakan berwirausaha karena saudara kita yang disabilitas tentu ada juga yang sedang berwirausaha", ungkap Kadis Sosial.


"Program ini sudah berjalan sejak tahun lalu, bahkan sejak dilantik pada bulan juni 2022 bantuan ini sudah ada dan terima kasih kepada seluruh teman-teman dari Dinas sosial Kab. Toraja Utara atas kerja keras dan pendampingan kepada petugas asesmen dari Kementerian Sosial untuk survei lokasi bagi penerima bantuan atensi ini dengan cara mendatangi rumah satu per satu penerima bantuan apakah benar-benar layak menerima bantuan ini ataukah tidak", tambah Kadis Sosial.


"Tentu data penerima bantuan atensi ini valid, bantuan uang yang diberikan untuk disabilitas pemenuhan hidup layak Rp. 2 juta rupiah dan disabilitas yang sedang berwirausaha Rp. 3 juta rupiah, uang tersebut tidak boleh dibawa pulang tetapi harus dibelanjakan sampai habis nanti tim asesmen dari Kementerian dan Kabupaten akan mendampingi untuk belanja dan bentuk pertanggungjawabannya adalah bentuk nota belanja/nota toko", ungkapnya.


Pihak Dinas Sosial juga menambahkan bahwa untuk bantuan lainnya bagi masyarakat disabilitas seperti kursi roda, tongkat itu setiap saat ada apabila betul-betul dibutuhkan silahkan datang ke Dinas Sosial nanti kami ajukan ke Kementerian Sosial, selain itu bantuan logistik juga telah dapatkan seperti tenda, terpal, beras untuk bencana alam dan bencana sosial dan kami baru-baru ini mendapatkan bantuan sebesar Rp. 715.000.0000 dalam bentuk logistik bukan bentuk uang dan akan kami salurkan berdasarkan petunjuk teknis bagi masyarakat yang terdampak bencana.(idr)

  • Bagikan