Ucapan Syukur Rumah Adat Tongkonan Sura Matampu’, Korbankan 90 Ekor Babi

  • Bagikan

Ishak Patanduk, Anggota DPRD Kabupaten Fak-Fak, bersama Anggota DPRD Torut Ratte Salurante,Joni Patanduk (Tomas dari Manokwari Selatan Papua) Kalem Salu Roni Pata' Allo,Kalem Salu Sopai Edi Patanduk saat menghadiri acara ucapan syukur rumah Tongkonan Sura Matampu', Jumat, 7 Juli 2023. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO-- Ribuan rumpun keluarga Patanduk hadiri syukuran rumah adat Tongkonan Sura Matampu', yang digelar di Sura Dusun Kalintiiong , Lembang Salu, Kecamatan Sopai, Kabupaten Toraja Utara, Jumat, 7 Juli 2023.

Tak tanggung-tanggung, total babi yang dikurbankan dalam upacara adat syukuran tersebut sebanyak 90 ekor. Dan, menariknya, diantara puluhan ekor babi yang dikumpulkan oleh rumpun keluarga, ada satu babi yang paling mahal seharga Rp 22 juta.

Mewakili rumpun keluarga, Ishak Patanduk Anggota DPRD Kabupaten Fak-Fak, Papua Barat kepada Palopo Pos terkait syukuran rumah Adat Tongkonan Sura Matampu' mengatakan terimakasih kepada pemerintah yang selalu berada di sini (Tongkonan Sura Matampu') dalam membimbing keluarga sehingga acara ini berjalan sesuai dengan apa yang kita rencanakan.

"Kepada seluruh rumpun keluarga besar anak dan cucu di Tongkonan ini yang sangat antusias hadir bersama di sini, betul-betul telah berkorban bukan hanya dana tapi juga tenaga dan pikiran. Mereka datang dari berbagai daerah hampir seluruh wilayah di Indonesia hadir. Bahkan, dari luar negeri juga hadir untuk acara ucapan syukur atas selesainya rumah Tongkonan ini,'' ungkap Ishak Patanduk.

Selain itu, Ishak Patanduk juga katakan bahwa total babi yang dikumpulkan oleh rumpun keluarga sebanyak 90 ekor ,dan babi yang termahal harganya Rp 22 juta .

"Saya berharap dengan selesainya ucapan syukur ini ,agar silaturahmi keluarga dari rumpun Tongkonan disini bisa berjalan seperti sekarang . Syukuran ini ongkosnya mahal ,tetapi karena kebersatuan keluarga yang mengambil bagian dalam acara syukuran ini, sehingga tidak terasa buat kita semua rumpun keluarga ,dan itu menjadi kebanggaan bagi keluarga besar ini," kunci Ishak Patanduk.

Diketahui Tongkonan Sura Matampu' dikerjakan pembangunan selama hampir satu tahun sekitar sembilan bulan yang dikerjakan oleh para Tukang profesional di Toraja .

Dalam syukuran tersebut turut hadir Anggota DPRD Kabupaten Toraja Utara dari Fraksi Partai Nasdem Ratte Salurante, Orang Tua Anggota DPR RI Eva Stevani Rataba mewakili didampingi kormed Yultin Rante, Bacaleg Provinsi dari Partai Golkar Fireno Bassang ,Joni Patanduk (Papa Datu) ,Kepala Lembang Salu Sopai Edy Patanduk,Kepala Lembang Salu Roni Pata'Allo, Sekretaris BPL Lembang Salu, Para Kepala Dusun, Para Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat. (Albert)

  • Bagikan