UMB Palopo Pertama di Tana Luwu dan Tana Toraja Selenggarakan RPL Prodi Kesehatan

  • Bagikan

Kepala LLDIKTI Wilayah 9, Dr Drs Andi Lukman, M.Si, menyerahkan SK Penyelanggaraan RPL dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Tekhnologi untuk dipergunakan pada 4 Program Studi kepada Rektor UMB Palopo, Dr Hj Nilawati Uly, Selasa 11 Juli 2023. --Humas UMB Palopo/aldy--

SK Penyelenggaraan Diserahkan Kepala LLDIKTI IX, Langsung Gelar Bimtek

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Universitas Mega Buana (UMB) Palopo, saat ini menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Tana Luwu dan Toraja yang menyelenggarakan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk Prodi Kesehatan. Itu setelah diterimanya SK penyelenggaraan RPL ini dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Tekhnologi untuk dipergunakan pada 4 Program Studi.

SK Penyelanggaraan RPL diserahkan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah 9, Dr Drs Andi Lukman, M.Si, Selasa 11 Juli 2023 kepada Rektor UMB Palopo, Dr Hj Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes disaksikan Wakil Rektor Bidang Akademik, Indra Amanah AN, SKM.,MPH, Wakil Rektor Bidang Keuangan & SDM, Evawati Uly, S.Farm., Apt.,M.M, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan & Kerja Sama, Suwandi N,SKM.,M.PH dan sejumlah Dekan dan Ketua Prodi lingkup UMB Palopo. Dengan penyerahan SK RPL ini menjadikan UMB Palopo menjadi perguruan yang pertama menyelenggarakannya pada prodi Kesehatan di Tana Luwu dan Toraja.

Penyelenggaraan SK RPL pada 4 Program Studi yang diberikan yakni S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Ilmu Keperawatan, Profesi Ners, D4 Kebidanan. Usai penyerahan tersebut, Kepala LLDIKTI IX langsung membuka bimbingan tekhnis untuk asesor RPL tersebut. Hadir memberikan materi Bimbingan Teknik yakni, Prof. Dr. Yoel Pasa, ST., MT dan Muh. Tahir Hamzah, ST.

Kepala LLDIKTI-9, Dr Drs Andi Lukman, M.Si usai penyerahan SK RPL mengatakan ini adalah salah satu kepercayaan dari pemerintah yang diberikan kepada UMB Palopo. "Ini suatu penghargaan dari pemerintah yang memberikan kepercayaan kepada UMB palopo. Karena itu atas nama Pemerintah kami berterima kasih atas upaya yang dilakukan selama ini, di mana memang hampir semua kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah, termasuk kebijakan kebijakan bisa dilakukan dengan baik di sini (di UMB Palopo.red)," katanya.

Disampaikan ini adalah salah satu kebijakan yang luar biasa dari pemerintah untuk meningkatkan angka indeks pembangunan manusia, sebab diketahui masih ada diantara masyarakat yang berada dalam lingkungan kerja enggan untuk melanjutkan pendidikannya lantaran usia sementara mereka memiliki pengalaman kerja baik di pemerintah maupun swasta, nah mereka yang akan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi melalui pengalamannya ini dihargai dengan SKS.

Dijelaskan RPL ini setara dengan reguler, "hanya biasanya kalo reguler kuliah dulu baru kerja, kalo RPL ini kerja dulu baru kuliah, tapi yang ini orang yang bekerja di didik di perguruan tinggi tujuannya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusianya,"ujar Andi Lukman menggambarkan.

Sementara itu Rektor UMB Palopo, Dr Hj Nilawati Uly, di dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan pemerintah kepada UMB Palopo, kepercayaan dari pemerintah ini menunjukkan kinerja di UMB Palopo selama ini sangat baik, "sebenarnya RPL ini baru pertama kali kami ajukan, awalnya info ini kami dapatkan dari LLDIKTI 9, lalu kami mengajukannya. Dan kami juga bersyukur bisa mendapatkan kepercayaan untuk menyenggarakan RPL ini. Nah sebagai bentuk komitmen ini setelah kami terima suratnya dan berkosultasi dengan LLDIKTI Wilayah 9 langsung melakukan Bimtek,"ucapnya.

Disampaikan Rektor, dipercayakannya UMB Palopo untuk menyelenggarakan program RPL ini semakin memberikan motivasi untuk semua Prodi di Universitas Mega Buana.

Diketahui RPL ini adalah penyetaraan akademik atas pengalaman kerja dan atau pelatihan bersertifikasi untuk memperoleh pendidikan tinggi di 4 program studi di UMB Palopo, RPL ini memberikan kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat yang telah berpengalaman kerja untuk mendapatkan pendidikan tinggi melalui asesmen, capaian pembelajaran yang diperoleh dari pengalaman kerja atau pelatihan dan ditetapkan menjadi SKS dalam bentuk mata kuliah sesuai dengan kurikulum UMB Palopo, perkuliahan dilakukan secara hybrid (online dan offline).

"RPL ini akan memberikan kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat yang telah memiliki pengalaman kerja di bidang kesehatan untuk dapat melanjutkan pendidikan di Universitas Mega Buana pada Program studi S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners. dalam waktu yang lebih cepat dan biaya lebih hemat," jelasnya.

Persyaratan untuk mendaftar pada program RPL UMB Palopo, adalah calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan diantaranya, telah lulus SMA/SMK/Sederajat atau lulus D1/D2/D3 prodi kesehatan atau D4/S1 prodi kesehatan mempunyai pengalaman kerja/bidang kerja yang sesuai dengan program studi yang dituju, mengikuti Assesment dan Interview oleh Assesor. Mengenai biaya, disampaikan biaya kuliah untuk program RPL di UMB Palopo ini terjangkau dan bisa diangsur. Info Pendaftaran Silahkan Hubungi, 081354832661 (Info PMB) 081354795151 (S1 Kesmas) dan 081354795219 (S1 Keperawatan). (uce)

  • Bagikan