MPLS SMP Telkom Makassar Direspon Positif Siswa dan Orangtuanya

  • Bagikan

Suasana saat MPLS di SMP Telkom Makassar. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah dalam rangka memperkenalkan para siswa baru pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah. MPLS juga dapat mengenalkan komponen sekolah seperti cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri serta pembinanan. 

SMP Telkom Makassar telah mengadakan MPLS untuk Tahun Pelajaran 2023/2024 selama tiga hari, yaitu Senin-Rabu (10-12 Juli 2023).

Serangkaian acara serta beragam pemateri yang keren dihadirkan selama kegiatan ini. Diawali dengan silaturrahim secara online bersama seluruh orangtua siswa baru pada hari Sabtu, kegiatan MPLS SMP Telkom Makassar diakhiri dengan pembagian kelas serta perkenalan dengan wali kelas di area kelas masing-masing siswa.

Ketua MPK (Majelis Perwakilan Kelas) SMP Telkom Makassar, Lutfia Zahra Talita, mengatakan, “MPLS SMP Telkom Makassar tahun ini sangat menarik dan menyenangkan karena dikonsep fun, tidak membosankan serta diisi materi-materi yang related dengan kehidupan saat ini. Melalui tema Let’s Get Started…!, siswa baru SMP Telkom Makassar tentu benar-benar diajak bersiap menyambut Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan riang gembira.”

Siswa yang mengikuti kegiatan MPLS SMP Telkom Makassar yang ditemui di lapangan juga memberikan nilai positif kepada kegiatan ini. Attayah Zaheera Khuzaimah Lukman, siswa baru kelas VII-C, berujar, “Senang banget mengikuti MPLS karena bisa melihat pemateri yang keren dan terkenal, meski memang agak capek dilatih baris-berbaris”.

Ada juga Haura Febriani, siswa kelas VII-E, mengatakan, “MPLS sangat kekinian, apalagi kami bisa melihat dan diperkenalkan langsung ekskul yang ada di SMP Telkom lengkap dengan pemaparan prestasinya”.

Selama pelaksanaan MPLS, puluhan orangtua siswa juga dengan setia menanti putra-putrinya di halaman SMP Telkom Makassar.

Ini dikarenakan mereka penasaran dan tertarik dengan aneka acara yang masuk dalam rundown MPLS SMP Telkom Makassar. Salah seorang orangtua siswa, Ayahanda Fauzan Suwandaru, berucap, “Materi yang diberikan ke siswa sangat kekinian, apalagi ada materi tentang bahaya laten narkoba. Sangat mendidik apalagi dibawakan langsung oleh mantan pemakai, sehingga anak-anak mendapatkan gambaran langsung bagaimana itu narkoba dan derita yang ditimbulkannya”.

Ada juga orangtua siswa kelas VII-H, Ibunda Lativa Dee, yang merasa gembira melihat anaknya yang baru menjalani MPLS tapi dapat dipercaya untuk tampil menyanyi di depan rekan-rekan siswa barunya.

“Sangat mendidik ditambah lagi tidak ada perlakuan berbeda oleh sekolah terhadap bakat dan kemampuan siswa. Siswa baru pun langsung boleh tampil di depan semua orang. Saya tidak salah memilih sekolah ini untuk anak saya”, imbuh ibunda Lativa Dee.

Quiz berbasis teknologi yang dihadirkan setiap harinya juga menarik minat siswa. Apalagi ada hadiah menarik buat para pemenangnya. Nabila Khairun Nisa, salah seorang siswa kelas VII-F, mengatakan, ”Seru karena MPLS banyak games dan ice breakingnya. Hadiahnya oke banget. Kami juga mendapat apresiasi setiap bertanya atau menjawab pertanyaan dari pemateri”. Setiap harinya ada tiga pemenang quiz yang mendapat goodie bag dari panitia MPLS dan hal ini juga mendapat poin plus dari orang tua siswa.

Kegiatan MPLS SMP Telkom Makassar Tahun Pelajaran 2023/2024 ditutup secara resmi oleh Kepala SMP Telkom Makassar, Muh. Irjan Marsaoly, dan seluruh siswa diarahkan masuk ke kelas masing-masing untuk berfoto bersama wali kelasnya. Tentu ini akan menjadi buku baru bagi seluruh siswa kelas 7 dalam menempuh pendidikan setelah jenjang pendidikan dasar. (*/uce)

  • Bagikan