Universitas Mega Buana Palopo Terakreditasi Baik Sekali

  • Bagikan

Sertifikat Akreditasi. --ist--

Pertama di Tana Luwu dan Toraja

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Universitas Mega Buana (UMB) Palopo Dinyatakan Terakreditasi Baik Sekali oleh Badan Akretasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT) berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No.467/SK/BAN-PT/Ak/PT/VII/2023, tanggal 11 Juli 2023.

UMB Palopo memenuhi syarat peringkat Akreditasi Baik Sekali. Bahkan, skor peringkat dari 9 kriteria yang ditentukan ini UMB Palopo menghampiri kriteria unggul dengan skor 334. "Benar, sertifikat dari BAN-PT sudah kita terima, ALhamdulillah kriteria Akreditasi Baik Sekali," kata Rektor UMB Palopo, Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes saat memberikan keterangan persnya, Rabu 12 Juli 2023. Dengan peringkat akreditasi tersebut menegaskan UMB Palopo saat ini menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Tana Luwu dan tana Toraja dengan peringkat akreditasi institusi baik sekali.

Rektor UMB Palopo, Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes. --ist--

Dr Hj Nilawati Uly dalam penyampaiannya mengatakan bahwa terpenuhinya kriteria akreditasi dari 9 kriteria ini tentu sejalan dengan layanan pendidikan tinggi yang diberikan UMB Palopo. Mulai dari Sistem Penjaminan Mutu, SDM, Kegiatan Tri Dharma Perguruan, Pengabdian kepada masyarakat hingga Sarana dan fasilitas perkuliahan seperti laboratorium mahasiswa yang dinyatakan lengkap serta luaran (HAKI, Paten, dan Publikasi) dan prestasi dosen dan mahasiswa. "Kita selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di UMB Palopo ini, dan alhamdulillah peringkat Akreditasi Baik Sekali ini sebagai pengakuan yang diberikan oleh pemerintah kepada UMB Palopo dari upaya yang maksimal dilakukan untuk memajukan dunia pendidikan khususnya di Tana Luwu dan Tana Toraja ini,"ucapnya.

Dengan peringkat akreditasi Baik sekali ini tentu menjadi salah satu tolak ukur masyarakat dan calon mahasiswa baru dalam memilih perguruan tinggi yang tepat untuk menempuh pendidikan tinggi, dengan ijasah perguruan tinggi yang terakreditasi Baik Sekali. Diketahui penentuan peringkat akreditasi berdasarkan skoring dari 9 kriteria mulai dari Tidak Terakreditasi dengan bobot kurang dari 200 kemudian akreditasi Baik bobotnya 200-300 kemudian baik sekali dengan bobot 301-360 dan unggul dengan bobot 361. "Dan alhamdulillah bobot skor yang kita dapatkan ini 334-361, sedikit lagi unggul," tambahnya.

Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Dr Drs Andi Lukman, M.Si saat kunjungan penyerahan SK Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), Senin 12 Juli, 2023 mengatakan, peringkat akreditasi di Universitas Mega Buana Palopo sudah terpenuhi dengan baik. Jadi, sepantasnya mendapatkan peringkat Baik Sekali, bahkan jika perlu unggul. Karena yang dipersyaratkan dalam akreditasi ini seperti Visi Misi, Tata kelola perguruan tinggi, kerjasama, hingga pengabdian kepada masyarakat itu terpenuhi dengan baik.

Di samping itu UMB Palopo terbilang perguruan yang patuh terhadap peraturan dan kebijakan pemerintah. Turut andil dalam penyelematan perguruan tinggi yang 'sakit'. "Karena itu atas nama Pemerintah kami berterima kasih atas upaya yang dilakukan selama ini, dimana memang hampir semua kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah, termasuk kebijakan kebijakan bisa dilakukan dengan baik disini (di UMB Palopo.red),"katanya.

Selain mendaptkan peringkat Akreditasi ini, Pada, Selasa kemarin UMB Palopo juga mendapatkan SK penyelenggaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk 4 program studi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Tekhnologi yakni S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Ilmu Keperawatan, Profesi Ners, D4 Kebidanan. Itu juga merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Tana Luwu yang mendapatkan SK penyelenggaraan tersebut.

Diketahui UMB Palopo saat ini juga sedang mempersiapkan diri untuk pembukaan program studi Ilmu Kedokteran yang prosesnya sementara berjalan. Selain hal itu, perguruan tinggi yang dikenal dengan simbol warna merah dan biru ini juga tengah membangun 4 kampus di Kota Palopo, dan 3 kampus di luar kota palopo.

Sejak resmi berdiri tahun 2009 yang bermula dari Stikes kemudian bertransformasi menjadi Universitas saat ini sudah mengelola 12 Program Studi dari 4 Fakultas. Diantaranya Program Pasca Sarjana (S2) Magister Kesehatan Masyarakat, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Ilmu Keperawatan, Profesi Ners, S1 Kebidanan, Profesi Bidan, S1 Perdagangan Internasional, S1 Kewirausahaan, S1 Ilmu Hukum, S1 Sistem Informasi dan S1 Informatika. Untuk link pendaftaran Mahasiswa Baru, pmb.umegabuana.ac.id atau hubungi, 081354832661.(uce)

  • Bagikan