Persikabo 1973 Vs PSM Makassar, Dua Gol Pluim, Satu Dianulir, Juku Eja Menang 1-0

  • Bagikan

Wiljam Pluim sang pencetak gol PSM. --net--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BOGOR-- Asa PSM Makassar untuk memenangkan duel antara Persikabo 1973 terwujud.

Tim Juku Eja, berhasil menang 1-0 lewat gol cantik Wiljam Pluim di menit ke-75 pada partai yang tersaji di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat, 14 Juli 2023 dalam lanjutan Liga 1 BRI 2023-2024.

Dengan kemenangan ini, PSM Makassar pun merangsek ke urutan ketujuh klasemen sementara. Sementara Persikabo 1973 tertancap di posisi bawah, yakni posisi 16.

Pertandingan babak pertama antara Persikabo 1973 menghadapi PSM Makassar sama kuat 0-0.

Pada sepuluh menit awal jalannya pertandingan kedua tim tampak bermain alot dan meraba kekuatan lawan.

Pada menit ke-17 upaya PSM Makassar melalui sepakan tendangan bebas masih terhalang oleh pagar betis pemain Persikabo. 

Pada menit ke-22 PSM kembali mendapatkan peluang. Umpan dari bola mati dari Akbar Tanjung gagal di sambut oleh Yuran Fernandes dan hanya berbuah sepakan gawang untuk Persikabo. 

Pada menit ke-24, Wiljan Pluim sempat mencetak gol ke gawang Persikabo. Pluim menjebol gawang Persikabo dalam situasi open play.

Berawal dari Victor Dethan dari sisi kanan memberi umpan lambung ke Yakob Sayuri di sisi kiri. Yakob yang menerima bola kemudian melakukan tusukan dan memberikan umpan ke Pluim.

Pluim menyambutnya dengan melepaskan sepakan yang bersarang ke gawang Persikabo. Namun gol tersebut dianulir karena hakim garis lebih dulu mengibarkan bendera tanda offside.

Setelah gol dibatalkan itu, laga berjalan alot. Peluang minim diciptakan kedua tim. Yakob Sayuri sempat punya kans, namun tendangannya masih dapat diblok pemain bertahan Persikabo.

PSM Makassar tampil sebagai tim tamu justru terlihat lebih menguasai jalannya pertandingan. 

Tim tuan rumah Persikabo pun terlihat kesulitan untuk menciptakan peluang berbahaya ke gawan Reza Arya Pratama. 

Sampai menit ke-35, kedua tim terlihat kesulitan untuk menembus pertahanan lawan sehingga belum peluang atau gol yang tercipta.

Peluang terbaik di babak pertama lahir dari sundulan Pedrinho di menit ke-38. Namun, sundulan masih bisa dihalau oleh Reza Arya Pratama. 

Pada menit ke-45+1, Varela dari Persikabo hampir saja memecahkan kebuntuan di laga kali ini. 

Peluang yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Reza Arya Pratama masih bisa dihalau oleh kiper PSM itu.

Sampai berakhirnya waktu di babak pertama tidak ada lagi gol yang tercipta skor imbang 0-0 masih terjaga hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, masing-masing tim menaikkan tempo permainannya.

PSM yang mengejar kemenangan, terus melancarkan serangan. Hanya saja, pada menit 56 Dzaky Asraf diusir wasit. PSM pun terpaksa harus bermain dengan 10 pemain. Pemain asal Polman itu diganjar kartu kuning kedua setelah melanggar Varela.

Keluarnya Dzaky, pelatih Bernardo Tavares melakukan pergantian pemain dengan menarik Everton Nascimento dan Kenzo Nambu. Dimasukkan Ananda Raehan dan Adilson Silva.

Menit ke-70, PSM mendapat peluang emas melalui Wiljan Pluim lewat sepakan kerasnya. Bola yang mengarah ke pojok gawang Persikabo dapat ditepis Moch Diky Indriyana.

Memasuki menit ke-75, sebuah serangan Wiljan Pluim membuahkan hasil. Umpan Yance Sayuri dari sepak pojok disundul Pluim dan menjadi gol.
Gol cantik itu pun membuat PSM unggul 1-0.

Tertinggal 0-1 dengan jumlah pemain utuh Persikabo melancarkan serangan. Hanya saja, tidak ada yang berakhir dengan gol.

PSM sendiri terus berusaha untuk tidak kebobolan.

Hingga wasit membunyikan pluit tanda pertandingan berakhir, PSM tetap unggul 1-0 (*/fjr/uce)

Susunan Pemain Persikabo 1973 Vs PSM Makassar
Persikabo 1973 (4-3-3)
Moch Diky Indriyana; Moch Yudha Febrian, Didik Wahyu, Lucky Octavianto (Kainoa Bailey 30'), Syahrul Lasinari; Kaishu Yamazaki, Manahati Lestusen, Nikola Kovacevic; Pedrinho, Varela, Conrado.

Pelatih: Aidil Sharin Sahak.

PSM Makassar (3-5-2)
Muhammad Reza Pratama; Yance Sayuri, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Yakob Sayuri, Kenzo Nambu, Akbar Tanjung, M Arfa, Victor Dethan; Wiljan Pluim, Everton Nascimento.

Pelatih: Bernardo Tavares. (***)

KLASEMEN SEMENTARA LIGA 1

  • Bagikan