Dua Prodi di UMB Palopo Kembali Dapatkan Akreditasi Baik Sekali

  • Bagikan

Kampus UMB Palopo.

S1 Keperawatan dan Profesi Ners

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Universitas Mega Buana Palopo kembali mencatatkan dirinya sebagai kampus pertama di Tana Luwu dan Tana Toraja untuk Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners terakreditasi baik sekali. Itu setelah LAM-PTKes mengeluarkan Surat Keputusan Akreditasi untuk dua Program Studi tersebut.

Salinan surat keputusan dengan nomor 0486/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2023, untuk S1 Keperawatan dan Nomor 0487/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2023 untuk Profesi Ners, Tanggal 7 Juli 2023 diterima Rektor UMB Palopo, Senin, 17 Juli 2023. "Benar, Salinan SK Akreditasi dua Program Studi S1 Keperawatan dan Profesi Ners sudah kita terima, alhamdulillah hasilnya Baik Sekali,"ungkap Rektor, Dr Hj Nilawati Uly, S.Si, APT, M.Kes kepada Media, kemarin. Dua program studi ini merupakan hasil dari proses reakreditasi yang sebelumya B.

Ia menyampaikan rasa syukur atas hasil tersebut. Dimana belum seminggu, hasil Akreditasi institusi juga ia terima dari BAN-PT dengan perolehan nilai Baik Sekali serta sertifikat penyelenggaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dari LLDIKTI 9 yang juga ia dapatkan dalam waktu seminggu dimana kedua hal itu yang pertama didapatkan perguruan tinggi di Tana Luwu dan Tana Toraja.

Untuk S1 Keperawatan, skor akreditasinya 340, kurang 21 poin mendaoatkan akreditasi Unggul, dimana diketahui untuk nilai paripurna tersebut skornya 361.

UMB Palopo mendapatkan nilai terbaik yakni AKreditasi Baik Sekali pada 2 Prodi ini salah satunya karna memiliki fasilitas lengkap untuk menunjang mahasiswa belajar secara teori maupun praktek, seperti Laboratorium yang lengkap, CBT Center untuk Nakes yang merupakan satu-satunya di Tana Luwu dan Tana Toraja, Bimbingan dan UKOM Gratis, Rumah Sakit milik sendiri ditambah biaya kuliah yang lebih terjangkau.
"Kita bersyukur atas pencapaian ini, tentunya ini didapatkan berkat kerja keras kita (Pengelola.red) semua, serta komitmen UMB Palopo untuk terus berupaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan,"tambahnya. Dan tentunya peringkat Akreditasi ini sebagai pengakuan yang diberikan oleh pemerintah kepada UMB Palopo dari upaya mereka untuk memajukan dunia pendidikan khususnya di Tana Luwu dan Tana Toraja ini. Dan menjadi salah satu tolak ukur masyarakat dan calon mahasiswa baru dalam memilih perguruan tinggi yang tepat untuk menempuh pendidikan tinggi, dengan ijasah perguruan tinggi yang terakreditasi Baik Sekali.

Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Dr Drs Andi Lukman, M.Si saat kunjungan penyerahan SK Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), pekan kemarin mengatakan, peringkat akreditasi di Universitas Mega Buana Palopo sudah terpenuhi dengan baik. Jadi, sepantasnya mendapatkan peringkat Baik Sekali, bahkan jika perlu unggul. Karena yang dipersyaratkan dalam akreditasi ini seperti Visi Misi, Tata kelola perguruan tinggi, kerjasama, hingga pengabdian kepada masyarakat itu terpenuhi dengan baik.

Disamping itu UMB Palopo terbilang perguruan yang patuh terhadap peraturan dan kebijakan pemerintah. Turut andil dalam penyelematan perguruan tinggi yang 'sakit'. "Karena itu atas nama Pemerintah kami berterima kasih atas upaya yang dilakukan selama ini, dimana memang hampir semua kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah, termasuk kebijakan kebijakan bisa dilakukan dengan baik disini (di UMB Palopo.red),"katanya.
Ia juga menyampaikan Terima kasih kepada seluruh Civitas Akademika UMB, terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo, Pemerintah Kota Palopo, LLDIKTI Wilayah IX, stakeholder dan semua pihak yang telah memberikan doa, perhatian dan dukungan untuk UMB.

Diketahui UMB Palopo saat ini juga sedang mempersiapkan diri untuk pembukaan program studi Ilmu Kedokteran yang prosesnya sementara berjalan. Selain hal itu, perguruan tinggi yang dikenal dengan simbol warna merah dan biru ini juga tengah membangun 4 kampus di Kota Palopo, dan 3 kampus di luar kota palopo.

Sejak resmi berdiri tahun 2009 yang bermula dari Stikes kemudian bertransformasi menjadi Universitas saat ini sudah mengelola 12 Program Studi dari 4 Fakultas. Diantaranya Program Pasca Sarjana (S2) Magister Kesehatan Masyarakat, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Ilmu Keperawatan, Profesi Ners, S1 Kebidanan, Profesi Bidan, S1 Perdagangan Internasional, S1 Kewirausahaan, S1 Ilmu Hukum, S1 Sistem Informasi dan S1 Informatika. Untuk link pendaftaran Mahasiswa Baru, pmb.umegabuana.ac.id atau hubungi, 081354832661.(*/uce)

  • Bagikan