Aspal Jalan Ibukota Belopa Mulus, BBPJN Sulsel Target Rehabilitasi Badan Jalan Rampung Agustus

  • Bagikan

Badan Jalan dalam wilayah Ibukota nampak mulus dan nyaman dilalui. BBPJN Sulsel untuk tahun 2023 ini melakukan  rehabilitasi jalan di Kabupaten Luwu dengan total panjang 15 KM, termasuk sepanjang 2,5 KM di dalam wilayah Ibukota Belopa. --andrie islamuddin--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA-- Jalan trans Sulawesi dalam wilayah Ibukota Belopa saat ini dilalui cukup nyaman oleh para pengguna jalan. Hal ini dikarenakan pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulawesi Selatan sementara dalam tahap menyelesaikan pekerjaan rehabilitasi badan jalan dalam wilayah Ibukota Belopa.

Mistam (42) warga Ibukota Belopa mengungkapkan, beberapa waktu lalu memang badan jalan aspal trans Sulawesi di Ibukota Belopa tidak nyaman dilalui karena rusak yang ditandai banyaknya lubang. Tetapi untuk saat ini sudah nyaman dilalui karena telah dilakukan rehabilitasi dengan pengaspalan.

"Awal tahun 2023, Badan jalan Ibukota Belopa rusak parah dan sangat tidak nyaman dilalui. Alhamdulillah saat ini sudah sangat nyaman kita berkendara. Memang seharusnya badan jalan Ibukota Belopa harus mulus seperti ini karena lalu lintas di wilayah ini sangat padat," ungkap Mistam.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.2 Satker PJN II-BBPJN Sulsel, Muhammad Rizal, S.ST, kepada Harian Palopo Pos Senin (17/7) mengungkapkan, untuk tahun ini pihaknya akan merampungkan rehabilitasi Badan jalan di wilayah Ibukota Belopa.

"Untuk tahun ini BBPJN Sulsel melakukan penanganan rehabilitasi mayor sepanjang 2,5 KM pada badan jalan diwilayah Ibukota Belopa, berupa pengaspalan 2 lapis (AC-BC dan AC-WC) dengan menggunakan aspal asbuton. Alhamdulillah saat ini akan rampung sisa pekerjaan bahu jalan dan markanya. Mohon kerjasama seluruh warga terkait kelancaran pekerjaan tersebut," ungkap Rizal.

Rizal mengatakan, di samping dilakukan perbaikan badan jalan di Ibukota Belopa, BBPJN Sulsel untuk tahun ini juga melakukan perbaikan badan jalan dibeberapa titik dalam wilayah Kabupaten Luwu, seperti di wilayah Kecamatan Ponrang dan Ponrang Selatan serta dilakukan pula perkuatan bahu jalan berupa pembuatan pasangan batu, dengan material kelas S di Kecamatan Ponrang.

Tahun 2023, PPK 2.2 BBPJN Sulsel mengalokasikan anggaran Rp.56 miliar untuk menangani paket preservasi jalan dan jembatan di sepanjang Bts. Kab. Wajo - Belopa - Palopo - Bts. Luwu Selatan, yang dilaksanakan oleh penyedia jasa PT. Wiratama Karya Nugraha. Lokasi penanganan berupa pelapisan aspal 1 lapis (minor) dan 2 lapis (mayor) sepanjang 19,9 KM yang tersebar pada 10 ruas jalan mulai dari Bts. Wajo/Luwu - Belopa - Palopo dan jalan arah ke Tana Toraja.

Rizal menambahkan untuk tahun 2023 ini ada penanganan overlay di Kabupaten Luwu dengan total panjang 15 KM, termasuk sepanjang 2,5 KM di dalam wilayah Ibukota Belopa. Selain itu dilaksanakan pula pemeliharaan/rehabilitasi  jembatan antara lain perkuatan abutmen J. S. Pareman, perbaikan lining/sandaran dan tiang/railing jembatan serta pembersihan sampah hanyutan pada jembatan. (andrie islamuddin)

  • Bagikan