Warga BTN Anggrek Protes Bagi-bagi Sembako di Masjid

  • Bagikan
Isi paket sembako yang dibagi pada acara pengajian Majelis Taklim di Masjid Assyura BTN Anggrek. --ft: istimewa

Gunawan: Masjid untuk Ibadah, Bukan Tempat Tebar Pesona

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA-- Sejumlah warga Kompleks BTN Anggrek Palopo memprotes pembagian Sembako FKJ Peduli di Masjid Assyura Jl. Anggrek, Ahad, 16 Juli 2023 sore.

Paket Sembako yang berisi mie instant, gula pasir, susu, minyak goreng, dan lainnya dibagikan pada acara pengajian Majelis Taklim.

Hal tersebut diungkapkan warga BTN Anggrek Palopo, Anshari Mas'ud yang juga Pengurus Masjid Assyura kepada Palopo Pos, Senin, 17 Juli 2023 kemarin.

Saat ditanya siapa yang bagi? Anshari menduga, jajaran aparat Lurah dan Camat.

Pengurus Masjid Asyyura menghimbau kepada pengurus masjid lainnya di Kota Palopo untuk tidak menerima model sumbangan yang salah sasaran seperti yang dilakukan Ahad lalu. Yang seharusnya diperuntukkan bagi kaum yang membutuhkan.

Protes juga disampaikan warga BTN Anggrek lainnya, Gunawan A. Ichsan. Menurutnya, masjid itu tempat beribadah, bukan tempat bagi-bagi sembako.

"Kita kan tahu semua kalau masjid itu tempatnya orang beribadah, bukan tempat tebar pesona. Lho kok dijadikan sarana buat bagi-bagi sembako yang berlogo FKJ. Ini kan yang tidak benar. Seharusnya kalau dia mau berbagi, kasi dong sama fakir miskin, bukan dikasi ke jemaah masjid,'' terang Gunawan kepada Palopo Pos.

Apalagi, lanjutnya, masjid di Kompleks BTN Anggrek, sebagian besar warganya, strata hidupnya cukup lumayan. Masih banyak panti asuhan yang membutuhkan uluran tangan orang yang seperti itu.

''Kok dimasukkan ke masjid. Mungkin dia pikir kalau ke panti asuhan bukan wajib pilih kali yaa, orang ini mungkin bagusnya kalau diperiksa sama yang berwajib,'' tulis Gunawan melalui pesan WA-nya.

''Kecolonganka (saya kecolongan), barusan kemarin (Ahad) saya tidak salat di masjid ini (Assyura). Untung saya salat Asar kemarin di Masjid Jami. Kalau saya ada, saya usir semua kemarin itu,'' kata Gunawan yang juga pengurus Masjid Assyura.

Camat Wara, Saenal Sahid yang dikonfirmasi Senin kemarin, soal dugaan aparat Camat dan Lurah bagi-bagi Sembako FKJ Peduli, tidak memberi tanggapan. Ia hanya membaca pesan WA yang dikirimkan.

Beredar juga rekaman video kegiatan FKJ pada masjid di RSS Balandai. Pada video itu, terlihat FKJ pakai kemeja orange. Lalu pada visualisasi berikutnya, terlihat seorang ibu bagi-bagi paket bertuliskan FKJ Peduli. (ria-ikh)

  • Bagikan