Warga Bua Peringati 1 Muharram 1445 H, Gelar Lomba Bernuansa Religi

  • Bagikan

Pemenang lomba Qasidah Modern Desa Karang-karangan Bua foto bersama Camat Bua, Kepala KUA Bua dan panitia 1 Muharram 1445 H Kecamatan Bua. --andrie islamuddin--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BUA-- Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah tanggal 19 Juli 2023 dijadikan momentum untuk menyukseskan visi religius Pemerintah Kabupaten Luwu oleh segenap pemerintah,tokoh agama dan masyarakat kecamatan Bua dengan menggelar berbagai kegiatan lomba bernuansa religi.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bua Kabupaten Luwu, M Ridha Hasyim, S.Ag, MH, kepada Palopo Pos, saat menyaksikan kegiatan lomba religi di halaman kantor KUA Bua, Selasa, 18 Juli 2023 mengungkapkan, pihaknya memberi apresiasi atas antusiasme organisasi Islam, Tokoh masyarakat dan segenap umat muslim/muslimah di Kecamatan Bua yang menyemarakkan Tahun Baru Islam 1445 H dengan menggelar sejumlah lomba bernuansa religi.

"Lomba bernuansa religi ini disamping menjadi syiar Agama Islam yang sarat makna Hijrahnya Nabi Muhammad SAW, pula menjadi wadah untuk pembinaan umat dalam berakhlaqul karimah," ungkap Ridha Hasyim.

Camat Bua H. Satti Muhammad Abdul Latief S.Sos dalam acara penutupan Rabu malam mengatakan, lomba religi adalah untuk memeriahkan 1 Muharram namun yang lebih utama adalah memaknai peringatan 1 Muharram 1445 H itu sendiri.

"Lewat kegiatan ini kita saling memperkuat Ukhuwah Islamiyah dan kita berdoa agar daerah kita terhindar dari segala bencana dan lebih baik ke depan. Insha Allah kita upayakan kegiatan ini dapat berkesinambungan," kata H Satti.

Ketua Panitia Lomba Religi 1 Muharram 1445 H Kecamatan Bua, Tanri Bajo, SE didampingi Ketua BKMT Kecamatan Bua, dra Hj Supiaty, mengatakan, beberapa kegiatan lomba bernuansa religi dilaksanakan dengan melibatkan antar desa/kelurahan se-Kecamatan Bua sejak 16 s/d 18 Juli 2023. Adapun lomba tersebut yaitu Zikir Asmaul Husna, Qasidah modern, Tadarrus, lomba lagu religi antar Ketua TP-PKK desa/kelurahan se-Kecamatan Bua.

"Kegiatan ini melibatkan ratusan masyarakat umat muslim/muslimah se-kecamatan Bua. Lomba bernuansa religi ini kita jadikan momentum untuk mengevaluasi dan merefleksi diri menuju insan yang lebih baik dalam melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT. Sesuai sejarahnya, 1 Muharram adalah momentum Rasulullah berhijrah dari Mekkah ke Madinah, kita berhijrah dari masa jahiliyah menuju masa kejayaan Islam" Kata Tanri Bajo diamini Supiaty.

Kegiatan Lomba bernuansa religi 1 Muharram 1445 H di Kecamatan Bua ini ditutup dengan zjkir dan doa bersama serta pengumuman juara. Peserta lomba yang juara mendapatkan piala bergilir dari BKMT Bua dan mendapatkan piala tetap serta uang pembinaan. Keluar sebagai juara umum adalah Kontingen Desa Padang Kalua. (andrie islamuddin)

  • Bagikan