Ribuan Warga Ponsel Pawai Hijratul Rasul

  • Bagikan

Kepala Kemenag Luwu, Drs. H. Nurul Haq, MH, menyerahkan piala bergilir lomba religi memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H tingkat kecamatan Ponrang Selatan Rabu, 19 Juli 2023. Tidak kurang seribuan warga Ponsel mengikuti pawai Hijratul Rasul Rabu pagi. --andrie islamuddin-- 

Kandepag Luwu Apresiasi Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H di Ponrang Selatan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, OLANG-- Tidak kurang seribuan orang masyarakat Kecamatan Ponrang Selatan meramaikan perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H di Kecamatan Ponrang Selatan (Ponsel) dengan mengikuti pawai Hijratul Rasul yang dilaksanakan Rabu, 19 Juli 2023 yang berjalan sambil bershalawat mulai Batas Desa Olang-Bassiang hingga ke lapangan sepak bola Desa Olang.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ponsel, Drs Kisman, kepada Palopo Pos mengungkapkan, momentum Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H di Kecamatan Ponsel diperingati secara meriah dengan melaksanakan berbagai lomba bernuansa religi selama beberapa hari dan ditutup dengan pawai Hijratul Rasul yang dilaksanakan Rabu pagi.

"Di samping kita melakukan syiar Islam untuk peringatan Tahun Baru Islam, pelaksanaan lomba bernuansa religi bertujuan mencari bibit generasi muda untuk Musabaqah Tilawatil Qur'an serta diharapkan dapat menjadi pegawai syara di desanya masing-masing," ungkap Kisman.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Luwu, Drs. H. Nurul Haq, MH, dalam sambutan penyerahan berbagai hadiah lomba religi 1 Muharram 1445 Kecamatan Ponsel, dilapangan sepak bola Desa Olang mengatakan, pihaknya sangat memberi apresiasi lomba bernuansa religi pada perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H di Kecamatan Ponrang.

"Lomba religi yang dilaksanakan begitu banyak. Itu artinya panitia melibatkan begitu banyak masyarakat untuk memberikan edukasi pemahaman tentang ajaran Agama Islam. Kami sangat memberi apresiasi apa yang sudah dilakukan panitia pelaksana di Ponsel. Semoga ini bisa dicontoh oleh Kecamatan yang lain dalam merayakan tahun baru Islam," kata Nurul Haq.

Ketua Panitia perayaan 1 Muharram 1445 Kecamatan Ponsel, Haswan S.Pd. I didampingi Sekretaris panitia, Masrima Mahyuddin S.Pd.I mengatakan, lomba bernuansa religi sudah menjadi agenda rutin di Kecamatan Ponrang Selatan setiap memperingati Tahun Baru Islam.

"Ini sudah tahun ke-4 kita memperingati tahun baru Islam di Ponrang Selatan. Untuk tahun ini  kita melaksanakan lomba bernuansa religi dengan mempertandingkan 24 cabang lomba, diantaranya, Lomba Tilawah, Shalat jenazah, Hifzil
Quran, Tartil quran, Qasidah klasik, khutbah jumat, Adzan, shalat berjamaah, praktek wudhu, Mars BKMT, Kaligrafi, zikir dan shalawat serta Pawai Hijratul Rasul" Kata Masrima Mahyuddin seraya mengatakan, perayaan Tahun Baru Islam di Ponsel melibatkan KUA Ponrang Selatan, Pemerintah kecamatan Ponsel, Pemerintah Desa/kelurahan se-Ponsel, BKMT Ponsel, PHBI serta berbagai Ormas Islam dan pengusaha juga partisipasi masyarakat Kecamatan Ponsel.

Dalam perayaan lomba bernuansa religi yang digelar sejak 12 Juli hingga 19 Juli 2023, keluar sebagai juara umum Lomba religi perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H Kecamatan Ponrang Selatan yaitu kontingen Desa Olang, disusul kontingen Desa Bassiang (juara II) dan kontingen Desa Pattedong Selatan (juara III). (andrie islamuddin)

  • Bagikan