Dosen UNCP Penyuluhan dan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Manajerial Pasca Panen Rumput Laut

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, PONRANGSELATAN-- Dosen Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) menyelenggarakan dan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Manajerial Pasca Panen Produksi Rumput Laut, di Desa Lampuara Kabupaten Luwu.

Bertempat di Balai Kantor Desa Lampuara Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu, Sabtu (15/7). Tiga dosen UNCP, Ketua Dr. Muhammad Ikram, M.Pd, anggota Baso Ali, S.Pd., M.Pd. dan Muhammad Naim, S.P., M.P memberikan pelatihan kepada kelompok tani rumput.

Selaku Ketua Tim Dr. Muhammad Ikram menyampaikan bahwa kegiatan ini Pengabdian Kepada Masyarakat DRPM KEMENDIKBUDRISTEK tahun 2023, dalam bentuk edukasi untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan kemampuan manajerial pasca panen.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, para mitra petani rumput laut memiliki keterampilan, pengetahuan, dan pemahaman manajerial pasca panen. Dengan tujuan memberikan hasil yang positif dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," ungkap Ikram.

Kepala Desa Lampuara, Adam Nasrun sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh dosen UNCP Palopo terkait dengan PKM yang diberikan kepada kelompok Tani Lampuara.

"Kegiatan ini sebagai awal menjalin kerjama dengan dosen UNCP untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya khususnya kegiatan yang berbasis peningkatan manajerial para petani rumput laut sehingga dapat bermanfaat bagi kelompok tani yang ada di Desa Lampuara," tutur Adam.

Tim Penyuluh Perikanan Desa Lampuara Kecamatan Ponrang Selatan Muhammad Rusdi Amin, S.Pi, juga mengucapkan hal yang sama karena kegiatan semacam ini betul-betul sangat membantu para kelompok tani yang ada di Desa Lampuara.

"Para petani juga sangat berterimakasih atas adanya kegiatan yang dilakukan oleh tim PkM dosen UNCP Palopo karena kegiatan ini memberikan penguatan kepada kelompok tani tentang pengelolaan rumput laut," pungkas Rusdi.

Kegiatan pelatihan berlangsung dengan memberikan tiga materi penting kepada petani terkait manajemen pasca panen.

Pertama, pelatihan keterampilan dan perencanaan yang baik dalam pengelolaan rumput laut pasca panen yang membahas tentang teknik pengelolaan pasca panen yang efisien dan berkelanjutan agar produk rumput laut memiliki nilai tambah yang optimal.

Kedua, penyuluhan penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam penyimpanan rumput laut pasca panen terkait bagaimana SOP yang benar dalam menyimpan rumput laut untuk menjaga kualitas dan daya tahan produk, sehingga dapat memenuhi permintaan pasar dengan standar yang tinggi.

Ketiga, penyuluhan pengenalan akses pasar serta memahami caraefektif dalam memasarkan produk rumput laut ke pasar, baik secara lokal maupun regional, sehingga dapat meningkatkan daya saing dan potensi peningkatan pendapatan kelompok tani rumput laut. (rls/ikh)

  • Bagikan