UMB Palopo Kerja Sama International dengan 4 Perguruan Tinggi di Uzbekistan

  • Bagikan
Rektor Universitas Mega Buana (UMB) Palopo, Dr Hj Nilawati Uly, S.Si, Apt, MKes menyerahkan 4 buah buku karya tulisnya ke Internasional Hub atau Internasional Center yang berada di University of Tashken. IST
  • Juga Sumbangkan 4 Buku Karya Sendiri ke Internasional Centre di University of Tashken

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID UZBEKISTAN -- Rektor Universitas Mega Buana (UMB) Palopo, Dr Hj Nilawati Uly, S.Si, Apt, MKes melakukan kunjungan di 5 perguruan tinggi di Uzbekistan dan melakukan penandatanganan MoU (Momerandum of Understanding) dengan 4 Perguruan Tinggi (PT).

Perguruan tinggi yang dilakukan kerjasama ini adalah Tashkent State University of Economics Uzbekistan, Bukhara State University, Bukhara Enginering Tekchnological Institute dan Bukhara State Medical Institut (BSMI) Named After Abu Ali Ibn Sino, serta penjajakan kerjasama juga dilakukan di Tourism of University Samarkand. Selain teken MoU, Rektor UMB Palopo juga menyumbangkan 4 judul buku karya tulisnya ke Internasional Hub atau Internasional Center di Tashkent State University of Economics Uzbekistan.

Lawatan untuk kerjasama ini dimulai pada 21 Juli 2023 Dr Hj Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes disambut Rector of Tashkent State University of Economics, Uzbekistan, Sharipov Kongratbay Avezimbetovich. Kerjasama diantara keduanya meliputi kerjasama pertukaran tenaga akademik (dosen dan staf) antara kedua pihak, pertukaran mahasiswa dalam kunjungan program penelitian maupun program magang, Penelitian bersama serta kegiatan akademik lainnya dan Kegiatan bersama maupun kegiatan lain yang berhubungan dengan industri atau ketenaga kerjaan. Selain itu, kedua institusi sepakat untuk bertukar kalender akademik dan materi terkait. Kolaborasi tidak akan terbatas pada area yang ditentukan secara sempit tetapi akan terbuka untuk semua area pihak yang berpartisipasi. Serta kerjasama terkait dengan Program Studi Kewirausahaan dan Perdagangan International serta serapan tenaga kerja.

Rektor UMB Palopo pada tanggal 22 Juli 2023 UMB Palopo juga melakukan penjajakan kerjasama dengan Tourism of University, Samarkand, ia disambut Rektor Juliboy Eltasarov. Dan selanjutnya melakukan teken MoU dengan dengan Bukhara State University bersama Rektor, Prof.Dr. Obidjon Khamidov.

Tidak sampai disitu saja, Dr Hj Nilawati Uly bersama Pembina Yayasan, H.Rahim Munir,S.P.,M.M juga melakukan teken MoU dengan perguruan tinggi lainnya yakni Di Bukhara Enginering Tekchnological Institute, Rektor UMB Palopo disambut langsung Rektor, Mirzo Sharivov, dan di Bukhara State Medical Institut (BSMI) Named After Abu Ali Ibn Sino disambut Rektornya Prof. Dr. Shukhrat Thesarv bersama sejumlah pejabat.

"Alhamdulillah kerjasama international UMB Palopo ini diharapkan memberikan manfaat kepada kemajuan bangsa utamanya kemajuan pendidikan di Universitas Mega Buana Palopo," ucap Dr Hj Nilawati Uly.

Dikesempatan itu, empat buah buku karya Rektor UMB Palopo yang berjudul Perencanaan dan Program Kebijakan Kesehatan 1 dan 2, Diabetes Melitus serta Kebijakan Pembiayaan Kesehatan. "Buku ini kami sumbangkan kepada Internasional Hub atau Internasional Center yang berada di University of Tashken, semoga memberikan manfaat dan bacaan bagi mahasiswa yang ada disana,"sebut Dr Hj Nilawati Uly kepada media, Selasa 25 Juli 2023.

Diketahui, UMB Palopo melakukan kerjasama international dengan emopat perguruan tinggi dan mendapat kehormatan menghadiri International Workshop of Education Collaboration di Universitas Negeri Bukhara dimulai pada tanggal 20 – 26 Juli 2023. Rombongan ini terdiri dari Rektor, Dr Hj Nilawati Uly bersama Pembina Yayasan H Rahim Munir, SP, MM , LLDIKTI WIlayah IX, sejumlah pengurus yang tergabung di API (asosiasi professor Indonesia) serta IPB.

Di Uzbekistan sejumlah agenda lainnya akan dilaksanakan yakni Pertemuan dengan universitas di Wilayah Tashkent di Indonesia HUB, Tashkent State, Pertemuan dengan perguruan tinggi di Samarkand Region serta Lokakarya Internasional tentang Pendidikan dan Kolaborasi di Universitas Negeri Bukhara Kami akan dengan senang hati menyelenggarakan lokakarya yang akan dihadiri oleh delegasi Indonesia, mitra potensial.

Pihak Bukhara Universitas Negeri (bsu) di Uzbekistan mengundang UMB Palopo untuk mengeksplorasi potensi kegiatan kolaborasi dalam penelitian dan akademik. Dan penandatanganan MoU.

"Kami akan dengan senang hati menyelenggarakan lokakarya yang akan dihadiri oleh delegasi Indonesia, mitra potensial universitas di Uzbekistan, serta perwakilan dari pemerintah, termasuk kementerian pariwisata dan gubernur Bukhara serta daerah lainnya, kami berharap workshop ini akan mengarah pada kerjasama di bidang pendidikan tinggi yang berdampak positif dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas," tulis Rector of Bukhara State University dalam bahasa inggris melalui undangan yang diterima UMB Palopo tersebut.(hms/idr)

  • Bagikan