Basmin Peletakkan Pembangunan Mako Brimob Batalyon D Sulsel

  • Bagikan
Bupati Luwu, Dr Basmin Mattayang melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Jabatan (Mako) Brimob Batalyon D Pelopor di Desa Puty, Kecamatan Bua, Selasa (25/07/2023). IST

Hibahkan 10 Ha Lahan di Desa Puty dan Desa Lalong

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BUA -- Komando (Mako) Brimob Batalyon D Pelopor bakal segera hadir di Kecamatan Bua, Kab. Luwu. Nantinya, pasukan ini akan mem-backup keamanan di Kab. Luwu, Kota Palopo, dan Toraja Utara.

Bupati Luwu, Dr Basmin Mattayang melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Jabatan (Mako) Brimob Batalyon D Pelopor di Desa Puty, Kecamatan Bua, Selasa (25/07/2023).

Pelatakkan batu pembangunan disaksikan juga Dansat Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Heru Novianto dan hadir juga Wali Kota Palopo Judas Amir, Dansat Brimob Batalyon C Baebunta Kompol M Agus, Kapolres Luwu AKBP Arisandi.

Usai peletakkan batu, Bupati Luwu, Dr Basmin Mattayang menjelaskan, kalau awal rencana pembangunan Mako Brimob wilayah backup Luwu, Palopo, dan Toraja Utara ini berada di Kecamatan Walenrang(Walmas).

“Tahun 2020 lalu, saya menerima kunjungan dari dua anggota Korps Brimob. Tujuan kedatangannya di Kabupaten Luwu ini untuk melihat lokasi awal pembangunan di Desa Lalong, Kecamatan Walenrang. Namun Ketika berada di lokasi itu kedua anggota brimob ini sepertinya kurang senang dengan lokasi yang saya tunjukkan, karena tidak sesuai dengan kebutuhan Brimob, dimana setiap saat akan melakukan Latihan fisik maupun lainnya yang menunjang tugas mereka,” kata Bupati Basmin sambil tersenyum.
Untuk itu, lanjut Bupati Luwu, ia lalu mengajak dua anggota Brimob ini untuk melihat lokasi lainnya. Inilah di sini di Desa Puty, Kecamatan Bua.

“Alhamdulillah, mereka senang, karena kondisi lokasi di sini sesuai dengan kebutuhan anggota Brimob khusunya yang bertugas di wilayah Luwu Raya,” ucapnya.
Untuk lahan yang telah pemkab Luwu hibahkan sebanyak 10 hektare. Lima hektare di Desa Lalong, Kecamatan Walenrang, dan lima hektare di Desa Puty, Kecamatan Bua.

“Lahan ini merupakan lokasi yang strategis, sebab, di depan kita ini merupakan jalan nasional dengan lebar 30 meter yang menghubungkan Kabupaten Luwu dan Toraja Utara. Kemudian dekat dari Bandara Lagaligo Bua. Daerah ini juga sudah ditetapkan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang sebagai daerah khusus,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Luwu juga memberikan apresiasi dan berterima kasih yang setinggi-tingginya atas kehadiran institusi TNI dan Polri.
Usai peletakkan batu pertama pembangunan flat patria dan barak siaga Mako Batalyon D Pelopor, Bupati Luwu juga menerima cindera mata dari Dansat Brimob Polda Sulsel.

Markas Brimob ini akan lebih membuat daerah berkembang, karena dengan keberadaan anggota batalyon brimob yang mencapai 500 orang akan membuat ramai lingkungan tersebut, membantu kegiatan-kegiatan masyarakat dan perputaran ekonomi masyarakat juga akan ikut meningkat serta dapat pula menumbuhkan animo generasi muda untuk menjadi anggota Polri. (idr)

  • Bagikan