Kada se Tana Luwu Peletakan Batu Pembangunan Mako Brimob Yon D Pelopor di Bua

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, BUA-- Kepala Daerah (Kada) se Tana Luwu melakukan peletakan batu pembangunan Markas Komando (Mako) Yon D Pelopor Batalyon D Satbrimob Polda Sulsel di Desa Tiromanda, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Selasa, 25 Juli 2023.

Kada tersebut yakni Bupati Luwu Basmin Mattayang, Wali Kota Palopo Judas Amir, Wakil Bupati Lutra Suaib Mansyur.

Peletakan batu pertama dilakukan Komandan Satuan (Dansat) Brigade Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan, Kombespol Heru Novianto.

Ada tiga item Mako Brimob yang dibangun yakni Flat Patria Tama, Rumah Dinas (Rundis) Danki, dan Barak Siaga.

Komandan Satuan Brigade Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan, Kombespol Heru Novianto menyampaikan terima kasih atas hibah tanah seluas lima hektare kepada Satbrimob.

“Kedatangan Brimob disini bukan semata-mata untuk gagah-gagahan. Sebelum ada Brimob, daerah Tana Luwu ini terkenal dengan perang papporonya. Yang biasanya jika kampung sini ada korban, maka akan ada pembalasan untuk kampung lainnya. Dan berdasarkan perintah pimpinan Brimob harus hadir. Alhamdulillah, dengan didirikannya Kompi pertama di Baebunta Luwu Utara, itu bisa meredam sengketa atau perselisihan antar kampung, itu sampai sekarang,” ungkap Heru Novianto.

“Insya Allah dengan dibangunnya Mako ini, kami akan selalu siap membantu apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, khususnya untuk keamanan dan kenyamanan dalam berkehidupan,” lanjutnya.

Menurut Dansat Brimob Polda Sulsel, komunikasi dan hubungan sosial luar biasa di Tana Luwu. Ia melihat bahwa ada budaya yang harus dijunjung.

“Semoga apa yang diberikan kepada kami bermanfaat untuk kami, bermanfaat untuk warga, bermanfaat untuk negara kita. Terima kasih masyarakat disini yang mendukung Pemkot dan pemerintah daerah," katanya.

Brimob yang mengcover Tana Luwu ini tidak akan bisa apa-apa tanpa dukungan rekan-rekan semua.

"Insya Allah dengan adanya kerjasama yang baik, kita bisa mewujudkan masyarakat kita yang benar-benar sejahtera, aman, nyaman berkehidupan yang baik sesuai cita-cita bangsa kita,” jelas Heru Novianto.

Disela-sela kegiatan itu, Wali Kota Palopo menyampaikan harapannya, agar apa yang menjadi upaya bisa memberikan manfaat dan kemaslahatan bagi masyarakat.

Pada kegiatan itu dilakukan penyerahan cindera mata dari Dansat Brimob Polda Sulsel kepada Kada se Tana Luwu yang hadir.

Selain peletakan batu pertama, dilakukan pula penandatangan prasasti dan penanaman pohon secara simbolis.

Hadir juga pada kegiatan itu Kapolres Palopo, Dandim 1403 Palopo, tokoh agama, tokoh adat, diantaranya Maddika Bua Maddika Ponrang dan Makole Baebunta,juga hadir Forkopimda Kabupaten Luwu, Danyon Brimob bersama jajaran serta tamu undangan lainnya. (rls/ikh)

  • Bagikan