Persaingan Bacaleg Golkar Sulsel XI Ketat

  • Bagikan

Diisi Petahana, Mantan Bupati, Mantan Kadis, Ketua DPRD, dan Tokoh Masyarakat

PALOPO -- Pasca verifikasi administrasi data bakal caleg beberapa waktu lalu, nama-nama yang ada masih berpotensi diganti. Jika dianggap tidak maksimal dalam mensosialisasikan partai di masyarakat, utamanya saat pemilihan nantinya.

Salah satu partai besar dan memiliki pemilih fanatik adalah Partai Golongan Karya.
Di Luwu Raya yang masuk dalam Dapil XI DPRD Sulsel, keberadaan Partai Golkar yang identik dengan pohon beringin, memberikan keteduhan, target tetap sebagai penyumbang kader terbanyak di DPRD Provinsi Sulsel untuk Pileg Februari 2024 mendatang.

Untuk itu, komposisi figur bakal calegnya pun bukan 'ecek-ecek'. Tetapi para petarung.
Dimulai dari anggota DPRD daerah, Ketua DPRD yang naik kelas, tokoh masyarakat, mantan kepala dinas, bahkan isu terbaru mantan bupati juga akan mengisi daftar caleg.

Tentunya komposisi ini akan menimbulkan persaingan ketat antarbacaleg nantinya.
Dari informasi yang diperoleh Palopo Pos, beberapa nama figur yang mengisi daftar caleg Partai Golkar Sulsel Dapil XI Luwu Raya, selain petahana Marten Rantetondok, ada nama Ketua DPRD Palopo, Dr Hj Nurhaeni M.Kes, juga ada nama mantan Kadis Perikanan Kab. Luwu, Andi Fatahilla, Anggota DPRD Palopo, Baharman Supri, Kadis Pendidikan Lutra Jasrum, Kadis Lingkungan Hidup Lutra, drh Adriyani Ismail, tokoh Lutim Heryanti Harun, juga ada akademisi asal Tana Luwu Dr Andi Surahman Batara, dan kabar terbaru mantan Bupati Luwu Utara Arifin Junaidi akan masuk menggantikan anaknya anggota DPRD Lutra Muhammad Azhal Arifin untuk lebih menggebrak di masyarakat.

Salah satu bacaleg Golkar Sulsel yang diwawancara Palopo Pos beberapa waktu lalu, yakni Mantan Kadis Perikanan Kab. Luwu Andi Fatahilla jika ia siap memenangkan Golkar di Tana Luwu, khususnya di daerah Palopo dan Luwu.

Andi Fatahilla merupakan salah satu tokoh masyarakat di Palopo dan Luwu. Sebelum di Luwu, ia juga pernah menjabat Kadis Kelautan dan Perikanan Kota Palopo.
Ada juga akademisi dan Ketua KNPI Sulsel, Dr Andi Surahman Batara juga masuk bacaleg Golkar Sulsel.

Mantan Ketua Umum Badko HMI Sulselbar dan pengurus BPW KKLR Sulsel ini pun kiat menguatkan. Selain memiliki jaringan keluarga yang besar, Andi Surahman juga mempunyai simpul kerabat yang begitu kuat sehingga tidak menutup kemungkinan perolehan suaranya bisa siginifikan di Pileg 2024.

Andi Surahman mengungkapkan jika niatannya ikut bertarung di Pileg 2024 tentu punya alasan. “Alasan saya sederhana saja, memperjuangkan rakyat dan melahirkan kesejahteraan masyarakat harus kita lakukan dari dalam (sistem). Selama ini kan kita telah berjuang lewat organisasi kepemudaan dan sosial, nah sekarang kita coba lewat jalur legislatif.” ungkap Andi Surahman di Kantor DPD Partai Golkar Sulsel, Sabtu, (13/5), kala itu.

Ia berharap, masyarakat ke depan bisa lebih jelu melihat calon wakil rakyatnya yang sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan banyak orang.
Saat ini di DPRD Sulsel, Partai Golkar mempunyai 2 kader yang duduk dari Dapil Sulsel XI Luwu Raya. Yakni, mantan Bupati Lutim Andi Hatta Marakarma dan Marthen Rantetondok yang menggantikan Taqwa Muller setelah ikut mencalonkan Wakil Bupati Lutim beberapa bulan lalu.

Sebagai informasi saat ini 11 anggota DPRD Sulsel dari Dapil Luwu Raya adalah Andi Hatta Marakarma (Golkar), Esra Lamban (PDIP), Rakhmat Kasjim (NasDem), Wahyuddin Nur (Hanura), Andi Fadriati AS (Demokrat), Drs Marjono (Gerindra), dan Andi Syarifuddn P (PKS).

Sementara beberapa legislator Sulsel dikabarkan akan maju Caleg pusat, bahkan ada yang maju pada Pilkada 2024. Seperti Irwan Hamid (PKB) akan menuju Senayan. Kemudian Dr H Husmaruddin akan maju pada Pilkada Luwu.(idr)

Figur Bacaleg Golkar DPRD Sulsel Dapil Luwu Raya

Marten Rantetondok
Dr Hj Nurhaeni M.Kes
Andi Fatahilla
Baharman Supri
Muhammad Taqwa Muller
Arifin Junaidi
Drs Jasrum
drh Adriyani Ismail
Heryanti Harun
Dr Andi Surahman Batara

  • Bagikan