Jauh-jauh dari Garut, Jual Bendera dan Umbul-umbul Jelang HUT RI

  • Bagikan
Penjual bendera dan umbul-umbul di Jl. Dr. Ratulanngi, poros Kelurahan Salobulo, Palopo.--ft: riawan/palopopos--

Harga Mulai dari Rp25 Ribu hingga Rp400 Ribu

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, SALOBULO-- Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), sejumlah titik jalan di Kota Palopo mulai ramai pedagang bendera merah putih dan umbul-umbul.

Seperti yang terpantau di Jl. Dr. Ratulanngi, poros Kelurahan Salobulo, Kecamatan Wara Utara. Di lokasi tersebut sudah ada dua lapak pedagang, Selasa, 1 Agustus 2023 kemarin.

Mang Ujang, salah seorang pedagang di lokasi itu, saat dijumpai sedang menunggu pembeli, kepada Palopo Pos ia mengatakan telah menggelar barang dagangannya tepi jalan tersebut sejak 20 Juli lalu.

Pria yang berasal dari Kota Garut, Jawab Barat ini, mengaku telah rutin berjualan bendera merah putih dan umbul-umbul tersebut jelang perayaan HUT RI yang tiap tahun diselenggarakan pada 17 Agustus.

Keuntungannya pun bisa dikatakan sangat menjanjikan. Pasalnya dari penuturan Mang Ujang saat ditemui, ia menjelaskan dengan modal Rp15 juta ia dapat memperoleh keuntungan bersih hingga Rp10 juta kurang dari sebulan.

"Kami ada 27 orang dari Garut, disebar di Sulawesi Selatan ini, berjualan seperti ini rutin kami lakukan tiap tahunnya. Bicara soal keuntungan yang diperoleh dari jualan bendera dan umbul-umbul, contoh tahun 2022 lalu, mulai berjualan pada 27 Juli hingga 17 Agustus, saya dapat keuntungan Rp10 juta dengan modal Rp15 juta," kata Mang Ujang.

Namun ada kekhawatiran dirasakan Mang Ujang jelang peringatan HUT RI ke-78 tahun ini, pasalnya 12 hari sejak membuka lapaknya di poros Salobulo, tempat rutin ia berjulan itu sepi pembeli.

Ia membandingkan, jika 2022 lalu dalam sehari diperoleh hasil penjualan bisa sampai Rp1 juta. Sementara 2023 ini yang sepi pembeli, dalam sehari hanya memperoleh hasil maksimal Rp400 ribu.

"Memang agak sepi dibanding tahun sebelumnya, namun tetap sabar. Kita lihat saja mulai 1 Agustus hingga 5 Agustus, kalau masih sepi, kemungkinan akan rugi. Atau kalau kalau masih sepi pembeli, mungkin tidak jadi perayaan 17 Agustus ya," lanjut Mang Ujang sembari bercanda.

Untuk barang dagangan yang disediakan serta harga per helai di antaranya, banner Rp150 sepasang, umbul-umbul sepasang Rp75 ribu, bekdrop juga ada beberapa pilihan seperti ukuran 10 meter Rp400 ribu dan 5 meter Rp200 ribu. Kemudian ada juga iwir-iwir harga Rp25 ribu.

Lalu bendera merah putih berdasarkan ukuran seperti ukuran 180 cm Rp80 ribu, bendera ukuran 150 Cm Rp50 ribu, dan untuk ukuran 125 Cm Rp40 ribu. (ria/ikh)

  • Bagikan