Peserta Program MBKM Dilepas, Rektor UMB Palopo: Ingat Tugas Kalian Adalah Belajar

  • Bagikan

Suasana saat Rektor Universitas Mega Buana Palopo, Dr Hj Nilawati Uly, S.Si, APT, M.Kes melepas puluhan Dosen dan Mahasiswa yang mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Rabu 2 Agustus 2023. --hmsumb--

Peserta Magang Tersebar di Jakarta, Surabaya, Bali dan Riau dan Sulawesi Selatan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Rektor Universitas Mega Buana Palopo, Dr Hj Nilawati Uly, S.Si, APT, M.Kes melepas puluhan Dosen dan Mahasiswa yang mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Rabu 2 Agustus 2023. Program kementerian yang diikuti ini terdiri dari Program Dosen Pembimbing Lapangan, Program Kampus Mengajar Angkatan 6,
Program Magang Bersertifikat, Program Studi Independen Bersertifikat dan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

Rektor dikesempatan itu mengharapkan peserta, utamanya mahasiswa agar mengikuti prosesnya dengan baik. "Ingat, tugasnya kalian adalah belajar dan mengikuti program dengan baik, dan jaga nama baik almamater,"kata Dr Hj Nilawati Uly, disela sela acara pelepasan yag digelar di Aula 201. Ia mengingatkan bahwa program MBKM ini memiliki manfaat yang sangat besar kepada mahasiswa untuk menambah wawasan dan pengalaman mereka, apalagi yang program magangnya di luar daerah.

Rektor mengapresiasi partisipasi mahasiswa UMB Palopo tahun ini meningkat untuk ikut program kementerian. "Tahun ini sangat luar biasa, banyak penambahan jumlah mahasiwa dan dosen yang ikut dalam program ini, ada yang di Jakarta, Surabaya, Bali dan Riau dan di berbagai tempat, harapan kita periode berikutnya bisa lebih banyak lagi, kalau perlu semua,"ucapnya disambut aplaus mahasiwa. Pertukaran pelajar saja, sebut Rektor ada 22 orang, belum lainnya.

Ia bahkan berharap kedepan mahasiswa UMB Palopo bisa semuanya ikut dalam program tersebut. Sebab, melalui program ini, kata Bu Nila, sapaan akrab Rektor, akan semakin meningkatkan wawasan mahasiswa apalagi dibiayai oleh kementerian. "Dan yag terpenting, setiap mahasiswa mengikuti pelatihan dan program itu adalah bagian dari investasi kita sebagai pelajar. Dan, pengalaman itu banyak diluar, bahkan jauh lebih banyak kita dapatkan,"katanya. Di akhir sambutannya ia kembali mengingatkan, agar peserta, agar fokus pada tujuan, yakni Belajar.

Untuk diketahui, jumlah peserta yang ikut dalam Program Dosen Pembimbing Lapangan sebanyak 3 orang, Mahasiswa Program Studi Independen Bersertifikat berjumlah 3 Orang, Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2023 berjumlah 22 Orang, Mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan Ke-6 Berjumlah 23 Orang, dan Mahasiswa Program Magang Bersertifikat berjumlah 1 orang.

Diketahui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan sebuah implementasi dari visi misi yang dimiliki oleh Presiden Joko Widodo guna menciptakan adanya SDM yang lebih unggul. Perencanaan pada konsep kampus merdeka ini pada dasarnya hanya perlu untuk mengubah peraturan menteri saja. Konsep kampus yang merdeka rencananya akan segera dilangsungkan untuk mendapatkan kualitas pembelajaran yang lebih berkualitas.

Dalam penerapannya, lewat Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk 1 (satu) semester (setara dengan 20 SKS) menempuh pembelajaran di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama; dan paling lama 2 semester atau setara dengan 40 SKS menempuh pembelajaran pada program studi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda, pembelajaran pada program studi yang berbeda di perguruan tinggi yang berbeda atau pembelajaran di luar perguruan tingginya.(*/rls)

  • Bagikan