Dewa United Tetap Puncaki Klasemen, PSM Terlempar ke Posisi 8, Ini Klasemen Sementara Liga 1

  • Bagikan
Penjaga gawang PSM Makassar, Reza Arya Pratama. --fjr--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, DENPASAR-- Tim kebanggaan masyarakat Sulsel, PSM Makassar terlempar ke posisi kedelapan klasemen sementara Liga 1 2023/23024per Jumat, 4 Agustus 2023 siang.

Posisi klasemen bergerak dinamis setelah tiga laga pekan keenam bergulir di tempat berbeda, Kamis, 3 Agustus 2023.

Laga pertama mempertemukan PSM Makassar kontra Persik Kediri di Stadion BJ Habibie, Parepare, sedangkan pertandingan kedua antara Persib melawan Bali United di Stadion GBLA, Bandung.

Pertandingan terakhir antara Persita versus Bhayangkara FC (BFC) di Stadion Indomilk Arena, Tangerang.

Pada laga terakhir, tim penghuni zona degradasi, BFC secara mengejutkan mengalahkan Persita di kandangnya sendiri dengan skor 1-0.

Pemain Persita gagal memanfaatkan sejumlah peluang dan harus menyerah dari BFC gegara gol tunggal dari kaki Matias Mier pada menit ke-34.

Matias Mier membuka keunggulan tim tamu, seusai mendapatkan umpan terobosan dari Dendy Sulistyawan.

Lolos dari jebakan offside, Matias Mier sukses membobol gawang Aditya Harlan karena tendangannya berbelok arah setelah mengenai kaki Fairuz Ohorella. Pada menit ke-56, BFC kembali mencetak gol melalui Matias Mier.

Namun, gol tersebut dianulir wasit lantaran dianggap terjebak offside lebih dahulu.

Kekalahan ini menyebabkan Persita gagal naik ke puncak klasemen Liga 1, dan bertahan dengan raihan 10 poin dari enam laga.

Raihan poin Persita sama dengan Madura United, Dewa United, dan Bali United, yang baru saja imbang dengan Persib Bandung. BFC masih berada di zona merah, di peringkat 17.

The Guardian, julukan BFC baru memiliki empat poin dari enam laga, berkat sekali menang, sekali seri dan tiga kali kalah. Kemenangan atas Persita menjadi kemenangan perdana bagi BFC musim ini.

Pada laga lainnya, Persib gagal mengalahkan Bali United setelah kedua kesebelasan mengakhiri pertandingan dengan skor imbang 0 – 0. Hasil seri ini menambah daftar statistik Persib tak bisa mengalahkan Bali United dalam 11 kali pertemuan di kompetisi Liga 1.

Total, Bali United mengalahkan Persib sebanyak lima kali dan enam kali lainnya berakhir seri. Sejak menit awal, pelatih Persib Bojan Hodak menginstruksikan Marc Klok dkk berusaha bermain agresif. Namun, upaya pemain Persib mentok di kaki duet maut Kadek Arel dan Elias Dolah, ditopang Ricky Fajrin dan Novri Setiawan.

Permainan gelandang Timnas Palestina Mohammed Rashid patut diapresiasi. Rashid berperan apik sebagai gelandang pengangkut air, menghalau serangan pemain Persib Bandung.

Taktik agresif Bojan Hodak benar-benar tak berkutik dengan pertahanan gerendel ala Coach Teco.

Hasil imbang ini cukup untuk menjadi modal memberi tekanan kepada Madura United, Dewa United dan Persita yang sama-sama mengemas sepuluh poin. Bali United telah memenangkan tiga kali pertandingan, sekali seri dan dua kali kalah dalam enam kali laha. Namun, Madura United dan Dewa United berpeluang menjauh dari kejaran Bali United dan Persita lantaran baru memainkan lima laga.

Persib tertahan di papan tengah dengan tujuh poin, hasil dari empat kali seri, sekali menang dan sekali kalah.

Di Stadion BJ Habibie, Pare-pare, Persik Kediri secara mengejutkan mengalahkan PSM Makassar dengan skor 2 – 1. Sempat tertinggal lebih dahulu di babak pertama melalui gol yang dicetak bek tengah PSM Makassar Yuran Fernandes melalui titik putih, Persik membalas dengan dua gol. Gol Bayu Otto pada menit ke-52 dan Jefinho menit 54 berhasil membalikkan skor sekaligus memastikan skuad Macan Putih meraih poin penuh di laga ini.

Pelatih Persik Kediri Marcelo Rospide senang Yusuf Meilana dkk mampu bangkit dan merespons permainan dengan lebih baik di babak kedua. Pergantian tiga pemain saat jeda babak pertama menjadi sebagai salah satu kunci Persik mampu mencetak kemenangan pada laga ini.

“Kemenangan ini kami persembahkan untuk Persikmania. Sejak awal kami sudah tahu bahwa bermain di kandang PSM Makassar tidak akan mudah. Dan kegagalan penalti di babak pertama juga sedikit membuat mental bermain terganggu.

Namun, saya senang pemain yang baru masuk di babak kedua mampu merubah jalannya permainan,” kata Marcelo Rospide dilansir dari laman klub.

Kemenangan ini mengatrol peringkat Persik ke posisi ke-12 dengan tujuh poin, hasil dari dua kali menang, sekali seri dan tiga kali kalah. PSM yang tampil flop tertahan di peringkat keenam dengan delapan poin, hasil dari dua kali menang, dua kali seri dan dua kali kalah.

Klasemen Liga 1 2023 hari ini masih berpeluang bergerak dinamis lantaran masih ada sejumlah pertandingan yang digelar di tempat berbeda. Menarik! (jpnn/palopopos)

  • Bagikan