Sukarno Hatta, Anak Yatim dari Lutim Lolos Seleksi IPDN

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, MALILI-- Usaha tidak mengkhianati hasil. Itu yang dirasakan oleh Muhammad Sukarno Hatta, seorang anak yatim asal Kabupaten Luwu Timur dinyatakan lulus pada Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) di Institute Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sesuai dengan surat keputusan Rektor IPDN No 800.1.2.2 - 352 Tahun 2023.

Muhammad Sukarno Hatta lahir dari keluarga sederhana di Desa Balaikembang. Ayahnya bernama Alm. Musa Irfan, meninggal dunia saat Hatta masih berusia 6 bulan dan Ibunya bernama Andi Masita Saad yang sehari harinya menjual tabung gas 3 Kilogram (Subsidi).

Keterbatasan ekonomi tidak menghalangi Hatta mengejar cita-citanya dalam dunia pendidikan, remaja kelahiran 21-April-2005 ini memberanikan diri mengikuti SPCP IPDN dengan modal tekad dan semangat.

Dalam proses seleksi, Hatta termasuk calon praja yang unggul, ia telah menyiapkan dirinya terus berlatih menguatkan fisik dan intelektualnya jauh hari sebelum seleksi dimulai. Terbukti pada psiko tes, Hatta berada di peringkat satu mengungguli pesaing lainnya.

Alumni SMAN 4 Luwu Timur ini menyebutkan bahwa Tekad, Usaha dan Doa menjadi kunci keberhasilan atas apa yang ia capai hari ini

“Saya bertekad kuat untuk menjadi bagian dari IPDN, terus berlatih dan juga berdoa kepada Allah SWT, Alhamdulillah Hari ini saya Lolos, terima kasih untuk semua dukungan terutama keluarga saya tercinta” Ucap Hatta

Pada proses seleksi ini, Hatta juga menepis segala isu miring tentang calo pendaftaran SPCP IPDN

“Saya dari keluarga yang ekonominya lemah, namun alhamdulillah saya lulus murni tanpa biaya apapun apalagi melalui calo” tuturnya

Hatta merupakan satu-satunya finalis dari 30 orang peserta SPCP IPDN yang berasal dari Kabupaten Luwu Timur.
Sementara, Sulawesi selatan hanya memiliki 24 kouta untuk diterima dari 1460 pendaftar

Kepala Dinas Pemerdayaan Masyarakat Desa, Halsen, turut mengucapkan selamat atas kelolosan Hatta pada SPCP IPDN

“Sebagai alumni IPDN angkatan ke 3, saya mengucapkan Selamat untuk lolosnya adinda Hatta, ini tentu adalah hasil yang ia upayakan selama ini”

“Saya juga berharap bahwa Hatta menjadi bagian inspirasi dan motivasi bagi putra putri terbaik Luwu Timur untuk terus mengejar cita-citanya” Tutup Halsen

Diketahui Seleksi Penerimaan Calon Praja akan memasuk tahapan Registrasi Calon Praja bertempat di IPDN Kampus Jatinangor Sumedang Agustus 2023. Adapun Kuota calon praja sekolah kedinasan IPDN tahun ini berjumlah 534 orang. (rls/ikh)

  • Bagikan