Manajemen Pendidikan Berbasis Holistik

  • Bagikan

Oleh: Seriyanti, S.AN., M.Si
(Dosen Universitas Mega Buana Palopo)

TEMA di atas merupakan tema yang disodorkan oleh panitia seminar pendidikan dan kewirausahaan yang digelar oleh Yayasan Konsorsium Pendidikan Nasional Indonesia.

Secara tidak langsung, seminar ini menjadi fokus pengabdian yang saya lakukan di Masamba, 5 Agustus 2023.

Berdasarkan surat permohonan Menjadi Narasumber yang di kirimkan oleh Yayasan Konsorsium Pendidikan Nasional No : 029/YKPNI/VII/2023 tanggal 02 Agustus 2023 Melalui Seminar Pendidikan dan Kewirausahaan.

Dalam seminar pendidikan ini, menghadirkan narasumber lain yang menyajikan materi tentang kewirausahaan. Selain itu, materi yang membahas tentang hukum dan kearifan lokal juga disampaikan oleh Narasumber lainnya.

Inilah yang menjadi alasan saya untuk fokus pada Pendidikan berbasis Holistik. Karena, dalam dunia pendidikan, hal yang tidak kalah pentingnya untuk diajarkan adalah tentang hukum dan kearifan lokal. Dengan demikian, pengetahuan akan menjadi sempurna jika pemahaman tentang hukum dan kearifan lokal juga ditanamkan sebagai bekal untuk terjun dalam dunia wirausaha.

Pengabdian kali ini, menjadi terasa lengkap dengan adanya kolaborasi dengan beberapa narasumber dari kalangan akademisi.

Holistik artinya menyeluruh, melalui pengabdian ini. Saya ingin mengajak peserta untuk dapat mengatur, mengelola, dan memanage pendidikan yang mereka tempuh secara holistik, artinya keseluruhan dari materi seminar pendidikan hari ini anak menjadi pelengkap dalam manajemen pendidikan berbasis Holistik.

Adapun objek dalam pengabdian ini adalah sejumlah mahasiswa yang ada di Masamba dari 2 (dua) PTS yang mengikuti Seminar Pendidikan dan Kewirausahaan.

Pengabdian ini, menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang mencoba mendekati peserta secara persuasif untuk mengetahui sejauh mana antusias peserta dalam mengikuti seminar ini dan apa yang diharapkan peserta dari seminar pendidikan dan kewirausahaan ini.

Pengabdian yang berlangsung selama 32Jp ini melahirkan generasi pendidik yang siap menjadi agen perubahan untuk mencerdaskan anak bangsa, meningkatkan ekonomi melalui kegiatan berwirausaha.

Akhirnya, saya berharap semoga pengabdian ini. Benar-benar memberikan Manfaat kepada peserta dan menjadi langkah awal untuk mempersiapkan diri dapat bersaing dan diterima di Dunia Usaha dan Industri (DUDI). (*)

  • Bagikan