UMB Palopo Lebarkan Sayap ke Sinjai

  • Bagikan

Nampak Pembina Yayasan H.Rahim Munir,S.P.,M.M saat menerima salinan surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi Nomor 143/D/OT/2023 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi, Direktorat Jenderal Vokasi, dari Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawei, Dr Drs Lukman, M.Si di Kabupaten Sinjai, Sabtu 5 Agustus 2023. --hmsumb--

Diharap Berkontribusi Terhadap Peningkatan Derajat Pendidikan dan Kesehatan di Sinjai

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, SINJAI-- Yayasan Pendidikan Mega Buana (YPMB) Palopo resmi mengelola Akademi Kebidanan di Kabupaten Sinjai. Itu setelah Pembina Yayasan H.Rahim Munir,S.P.,M.M menerima salinan surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi Nomor 143/D/OT/2023 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi, Direktorat Jenderal Vokasi, dari Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawei, Dr Drs Lukman, M.Si di Kabupaten Sinjai, Sabtu 5 Agustus 2023.

Dengan penyerahan SK ini, perguruan tinggi yang sebelumnya bernama Akbid Madani Sinjai berganti menjadi Akbid Mega Buana Sinjai. Seremoni alih kelola ini disaksikan langsung Pemerintah Setempat, diantaranya, Bupati Kabupaten Sinjai yang diwakili oleh Asisten III, Kadis Kesehatan Sinjai, Forkopimda se-Kabupaten Sinjai, sejumlah organisasi profesi dan sejumlah tamu serta undangan yang hadir. Turut hadir dalam penyerahan SK tersebut, Rektor Universitas Mega Buana Palopo, Dr Hj NIlawati Uly, S.Si, Apt, Mkes.

Selain penyerahan SK Alih kelola, Pembina Yayasan H.Rahim Munir,S.P.,M.M juga melantik Direktur Akbid Mega Buana Sinjai yang baru, Sri Wahyuni,S.ST.,M.Kes.

Ucapan syukur dari Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo disampaikan Dr Hj NIlawati Uly, S.Si, Apt, Mkes. Bu Nila, sapaan akrab Rektor UMB Palopo mengatakan penyerahan SK ini terbilang spesial lantaran bertepatan dengan ulang tahun pernikahanya dengan Pembina Yayasan H.Rahim Munir,S.P.,M.M. "Ucapan syukur ini kami haturkan dengan penyerahan SK ini yang bertepatan dengan ulang pernikahan saya dengan Pembina Yayasan, bapak H Rahim Munir,"ucapnya saat sambutan. Disamping itu ada harapan besar untuk pengembangan dunia pendidikan di Kabupaten Sinjai ini melihat antusiasme pemerintah dan masyarakat menyambut kehadiran YPMB ini.

Bu Nila, menyampaikan komitmen yayasan terhadap peningkatan Sumber Daya Manusia akan terus dilakukan melalui YPMB, "Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo selalu berupaya untuk mengelola dengan baik perguruan tinggi yang dipercayakannya, seperti yang dilakukan sebelumnya terhadap STIH Damaracia, STIK Emanuel Toraja yang kini dikelola oleh Universitas Mega Buana Palopo,"ungkapnya. Namun demikian ia juga mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk peingkatan SDM di Kabupaten Sinjai bahkan di Sulawesi Selatan melalui Akbid Mega Buana. "Semoga dengan dibawah naungan Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo saat ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua,"harapnya.

Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawei, Dr Drs Lukman, M.Si dalam sambutannya menyampaikan kepercayaannya kepada YPMB untuk mengelola dengan baik perguruan tinggi ini. "Saya yakin Mega Buana akan berusaha untuk menyehatkan dan bisa berkontribusi dalam peningkatan derajat pendidikan dan kesehatan di kabupaten sinjai,"katanya. Disebutkan UMB telah banyak melakukan alih kelola dan tepat bagi perguruan tinggi ini ditangani oleh YPMB untuk disehatkan.

"Rektor UMB bersama yayasan diharapkan bisa meningkatkan kampus ini, saya tahu Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo memiliki komitmen yang kuat terhadap penyelenggaraan pendidikan,"jelasnya. Ia menitip pesan kepada pengelola untuk senantiasa bersinergi agar tata kelola Akbid Mega Buana ini menjadi lebih baik, @mari bersinergi dengan pengelola,"sebutnya.

Sementara itu, Plt Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Sinjai, Haerani mewakili Bupati Sinjai Andi Seto Asapa mengucapkan selamat kepada Akbid Madani yang telah beralih menjadi Akademi Kebidananan Mega Buana Sinjai. Dengan perubahan nama itu bisa memiliki jangkauan yang lebih luas, baik dari sisi disiplin ilmu maupun jangkauan teritorialnya. Serta menjadi satu-satunya kampus kesehatan yang mampu mendedikasikan diri untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Sinjai.

Menurut Haerani, Pemerintah Kabupaten Sinjai terus berusaha meningkatkan derajat pendidikan berdasarkan visi misi. “Tentu kami berharap agar Akademi Kebidanan memberikan salah satu kontribusi untuk meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Sinjai, dan tentu ini hasil dari pendidikan akademi kebidanan yang sebelumnya Mandani yang sekarang diambil alih oleh Mega Buana. Ini akan berkontribusi langsung terhadap peningkatan derajat kesehatan di Sinjai,” ujarnya.(*/rls)

  • Bagikan