Mengenal Andi Ikhsan Bassaleng, Orang Kepercayaan Gubernur Sulsel Disebut Calon Kuat Pj Wali Kota Palopo

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO - Nama Andi Ikhsan Lebbi Bassaleng (44) disebut menguat sebagai calon kuat Pejabat (Pj) Wali Kota Palopo pengganti Judas Amir yang periodenya berakhir 26 September 2023.

Menguatnya nama Andi Ikhsan bermula ketika dirinya menjadi satu-satunya calon yang diusulkan oleh lima atau semua fraksi yang ada di DPRD Palopo.

Yakni Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Nasdem, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi PDIP, dan Fraksi Partai Gerindra.

Melalui informasi yang dihimpun, namanya disebut-sebut kembali diusulkan bersama dua orang lainnya oleh pimpinan DPRD Palopo ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Lalu siapa Andi Ikhsan? dia adalah putra asli Palopo yang saat ini berkarir sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.

Lebih tepatnya ia menjabat sebagai Kepala Biro Umum Pemprov Sulsel.

Sebelum mengisi jabatan itu, Andi Ikhsan merupakan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel.

Semasa mahasiswa, dirinya pernah menjabat Ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia Luwu (IPMIL) Palopo.

Pada acara Jalan Sehat Anti Mager di Palopo, Minggu (23/7/2023), Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memperkenalkan Andi Ikhsan dari atas panggung.

Bahkan salah satu peserta jalan sehat yang kala itu mengenal Andi Ikhsan langsung diberi hadiah oleh Gubernur.

"Adakah yang kenal ini, namanya Andi Ikhsan, anak Palopo. Apa jabatannya di Pemprov," tanya Gubernur di hadapan peserta yang memadati Lapangan Gaspa menggunakan pengeras suara.

Seorang peserta berteriak dan mengatakan, anaknya Andi Lebbi Bassaleng dan jabatannya Kepala Biro Umum Pemprov Sulsel.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palopo telah mengirim tiga nama calon Pejabat (Pj) pengganti Judas Amir yang masa kepemimpinannya akan berakhir pada akhir September 2023.

Kendati telah mengirim nama, DPRD secara kelembagaan sepakat untuk tidak mengumumkan nama-nama tersebut secara terbuka ke publik.(int/idr)

  • Bagikan