Semarak 17-an SMP Telkom Makassar Berlangsung Selama 2 Hari

  • Bagikan

Kegiatan17-an di SMP Telkom Makassar.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Merayakan Hari Kemerdekaan sudah menjadi keharusan sebagai bagian dari bangsa Indonesia.

Setiap tanggal 17 Agustus, segenap masyarakat merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Kemerdekaan Indonesia sudah berlangsung 78 tahun di 2023. Sebagai rasa syukur, seluruh masyarakat, baik di instansi pemerintahan, perusa­haan serta di seko­lah-sekolah, biasanya melangsungkan berbagai lomba.

Tak lengkap rasanya jika Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia berlalu begitu saja tanpa ada momen berarti.

SMP Telkom Makassar, sekolah yang baru saja memperoleh nilai A dalam re-akreditasinya, berinisiatif memeriahkan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia dengan serangkaian kegiatan, mulai dari Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih, penampilan bakat seni siswa serta aneka lomba yang melibatkan siswa dan orangtuanya.

“Diawali dengan Upacara Bendera yang diadakan di lapangan SMP Telkom Makassar, dimana tim 9 yang bertugas mengibarkan bendera merah putih diseleksi dari siswa-siswa kelas 7-9 dan dilatih selama hampir 2 pekan oleh guru Pembina serta petugas upacara yang memakai pakaian adat dalam melaksanakan tugasnya”, tutur A. Abdul Syukur, Ketua Panitia Semarak 17-an SMP Telkom Makassar.

Setelah prosesi upacara, diadakan pembukaaan Semarak 17-an SMP Telkom Makassar yang mengambil tema Merdeka Tanpa Atau. Ada persembahan tarian kolosal, dance, band, tari Nusantara serta grup vokal yang merupakan hasil binaan ekskul-ekskul seni yang dijalankan oleh SMP Telkom Makassar. Berbagai perlombaan sederhana yang seru mewarnai kegiatan Semarak 17-an SMP Telkom Makassar. Keseruan lomba yang mengundang gelak tawa disiapkan dengan matang oleh panitia. Abdul Syukur menambahkan, “Aneka lomba yang diadakan ini diharapkan dapat mempererat hubungan antar siswa di lingkungan sekolah. Sejumlah guru dan murid berbaur menjadi satu di lapangan dalam menyemarakkan serangkaian lomba yang diadakan”.

Lomba-lomba yang diikuti oleh siswa SMP Telkom Makassar adalah estafet balap karung, makeup karakter, tarik tambang, pesan berantai, tiup balon, estafet kardus, foto mirip pahlawan, balap kelereng dan ranking 1 English Version. Juga ada lomba berbau olahraga untuk orangtua siswa, seperti badminton, volley, tenis meja dan futsal. Lomba Semarak 17-an ini diharapkan dapat menumbuhkan antusiasme masyarakat dalam memeriahkan kemerdekaan Indonesia tentu melalui cara yang menyenangkan.

SMP Telkom Makassar, salah satu sekolah menengah pertama di Makassar yang meraih predikat Sekolah Penggerak, berharap melalui lomba-lomba yang dilakukan siswa dapat memaknai perjuangan para pahlawan, memaknai jiwa gotong royong dan kebersamaan serta meningkatkan solidaritas siswa dan rasa bangga akan negaranya.

Sekolah sangat massif dalam mengadakan berbagai event atau kegiatan kesiswaa, baik untuk lingkup internal sekolah maupun terbuka untuk siswa di luar SMP Telkom Makassar, yang dilengkapi dengan pemberitaan di media cetak (koran dan media online) serta publikasinya melalui media sosial (instagram, facebook, tiktok, youtube channel serta website) sehingga target PPDB SMP Telkom Makassar setiap tahunnya selalu terlampaui. Abdul Syukur, yang juga merupakan pustakawan SMP Telkom Makassar, mengatakan, “Buat orang tua siswa yang tertarik melihat kegiatan dan aktivitas yang ada di SMP Telkom Makassar dapat langsung berkunjung di Kawasan Pendidikan Telkom Jl. AP. Pettarani No. 4, Makassar. Atau bisa juga mengakses ke link PPDB di bit.ly/daftarsmptelkom”. (*/rls/pp)

  • Bagikan