PSM Makassar Gagal Petik Poin di Surabaya, Kalah Tipis 1-0 dari Persebaya

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID SURABAYA -- Persebaya Surabaya merebut kemenangan ketiga beruntun di Liga 1 usai menekuk PSM Makassar 1-0 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (18/8).
Laga babak pertama berlangsung menarik. PSM terbilang tidak beruntung karena gagal mencetak gol di babak pertama. Pasalnya tim asuhan Bernardo Tavares memiliki banyak peluang, mulai dari Yakob Sayuri, Adilson Silva, Kenzo Nambu hingga Everton Nascimento.


Persebaya unggul 1-0 di babak pertama. Pemain asal Korea Selatan Song Ui Young mencetak gol spektakuler pada menit kesembilan. Lewat tendangan keras dari luar kotak penalti, bola hasil tendangan Song Ui Young bersarang di pojok kiri gawang.


Di babak kedua pertandingan semakin menarik. PSM yang tertinggal kembali mendominasi laga dan punya sejumlah peluang emas.


Pada menit ke-57, Ananda Raehan nyaris menyamakan kedudukan untuk PSM. Menerima umpan Yakob Sayuri, juara SEA Games 2023 itu melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang masih tipis di atas gawang Persebaya.


Pada menit ke-62 giliran Yance Sayuri yang membuang peluang emas. Tendangan mendatar Yance dari luar kotak penalti masih tipis di sisi kanan gawang Bajul Ijo.


Asyik menyerang, pertahanan PSM menjadi kurang fokus. Momen itu nyaris dimanfaatkan Kasim Botan untuk menggandakan keunggulan Persebaya pada menit ke-64. Sayang tendangan Kasim usai lolos jebakan offside hanya mengenai tiang gawang sisi kanan.


Setelah terus menekan pertahanan Persebaya, PSM kembali mendapat peluang emas pada menit ke-90 melalui sundulan Yuran Fernandes. Bek asal Cape Verde tidak terkawal di kotak penalti Persebaya saat situasi sepak pojok. Sayang free header Yuran masih menyamping di sisi kanan.


PSM terus mengepung pertahanan Persebaya hingga akhir babak kedua. Peluang terakhir didapat Yance Sayuri saat injury time babak kedua berjalan lima menit, tapi kiper Andhika Ramadhani melakukan penyelamatan luar biasa.


Tidak ada gol yang berhasil diciptakan tim juara bertahan Liga 1 itu. Skor 1-0 untuk Persebaya bertahan hingga laga usai.


Hasil ini membuat Persebaya berhasil menembus posisi lima besar klasemen Liga 1 dengan torehan 14 poin. Tim asuhan Uston Nawawi itu hanya terpaut dua poin dari Madura United di puncak klasemen.(int/idr)

Susunan pemain

Persebaya: Andhika Ramadhani; Arief Catur Pamungkas, Kadek Raditya Maheswara, Dusan Stevanovic, Reva Adi Utama; Song Ui Young, Andre Oktaviansyah, Sho Yamamoto, Kasim Botan; Bruno Moreira Soares, Wildan Ramdhani.

PSM: Reza Arya Pratama; Dzaky Asraf, Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Rizky Eka Pratama; Yance Sayuri, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Yakob Sayuri; Adilson Silva, Everton Nascimento.

  • Bagikan