Pembukaan Fakultas Kedokteran UMB Palopo Sudah Dalam Pengajuan

  • Bagikan

Suasana kegiatan wisuda yang berlangsung di Saodenrae Convention Centre, Kamis, 24 Agustus 2023. Sebanyak 629 wisudawan yang dikukuhkan dalam wisuda periode pertama tahun 2023. --aldy/humasumbpalopo

Pendampingan Fakultas Kedokteran UNHAS Makassar

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Universitas Mega Buana (UMB) Palopo telah melalui sejumlah tahapan untuk pembukaan program studi Fakultas Kedokteran.

Proses pembentukan ini didampingi Fakultas Kedokteran Unhas, dukungan Pemerintah Provinsi Sulsel, Pemkot Palopo serta dukungan sejumlah lembaga terkait.

Rektor Universitas Mega Buana Palopo, Dr Hj Nilawati Uly, S.Si, APT, M.Kes

Rektor Universitas Mega Buana Palopo, Dr Hj Nilawati Uly, S.Si, APT, M.Kes saat sambutan pada acara wisuda sebanyak 629 orang Program Sarjana dan Profesi angkatan XIV di gedung Saodenrae Convention Centre, Kamis, 24 Agustus 2023 menyampaikan terkait pembukaan Fakultas Kedokteran tersebut.

"Mohon doanya diperuntukkan untuk Fakultas Kedokteran UMB Palopo yang saat ini dalam proses pengajuan untuk Pembukaan, mudah-mudahan tahun ini izin penyelenggaraannya sudah keluar, kami mohon doanya semua. Insya Allah, UMB Palopo didampingi FK Unhas," sebutnya di hadapan Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultan Batara, Dr Drs Andi Lukman wisudawan serta tamu dan undangan lainnnya.

Persiapan pembukaan ini pertama kalinya disampaikan secara terbuka sejak 2018 lalu di persiapkan proses pembukaan program tersebut, dan Universitas Mega Buana Palopo telah bekerjasama dengan Unhas terkait pendampingan itu, dukungan dari Gubernur Sulsel pun dalam bentuk rekomendasi telah diterima tanggal 28 Juli 2022, serta dukungan dalam bentuk rekomendasi dari Pemerintah Kota Palopo pada 8 Agustus, 2023.

Sejumlah persiapan juga dilakukan baru-baru ini yakni melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan sejumlah pihak terkait serta Workshop kurikulum bersama tim pendamping dari Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin.

UMB Palopo dinilai berpeluang terhadap pembukaan Fakultas Kedokteran ini. Selain karena kebutuhan masyarakat, UMB Palopo juga satu-satunya Perguruan Tinggi wilayah Tana Luwu dan Tana Toraja yang memiliki rumah sakit sendiri. Di samping itu, sarana dan prasarana juga dinilai lengkap, serta sudah Terakreditasi Baik Sekali dari BAN-PT dengan 9 kriteria.

Diketahui UMB Palopo yang pertama dan satu-satunya di Tana Luwu dan Tana Toraja saat ini yang terakreditasi institusi Baik Sekali.

UMB Palopo, kata Rektor di kesempatan tersebut menyinggung 4 lahan pengembangan untuk sarana dan prasarana perkuliahan di Kota Palopo ini, seperti di Kampus 1, Jalan Andi Ahmad, di Wilayah Songka, dan Wilayah Balandai serta Kampus Jalan Opu To Sappaile yang dipersiapkan untuk fakultas Kedokteran.

"Nah, untuk kampus yang di Jalan Opu To Sappaile mudah-mudahan bulan September ini sudah bisa difungsikan untuk pelaksanaan pembelajaran, kampus 6 lantai itu diperuntukkan untuk Fakultas Kedokteran juga," jelasnya.

Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Dr Drs Andi Lukman, M.Si pada kegiatan wisuda yang digelar kemarin dan di sejumlah kesempatan meyakinkan UMB Palopo untuk pembukaan fakultas ini, kapanpun LLDIKTI akan selalu mendukung. "UMB Palopo ini adalah perguruan tinggi terbaik di wilayah LLDIKTI IX, pesat sekali perkembangannya, dan LLDIKTI Wilayah IX akan selalu mendukung perguruan tinggi yang ingin berkembang," ucapnya.

WISUDA ANGKATAN XIV

Diketahui Universitas Mega Buana Palopo melaksanakan prosesi wisuda gelombang I tahun 2023, pada Kamis 24 Agustus 2023. Sebanyak 629 orang wisudawan mengikuti prosesi dengan rincian Profesi Ners sebanyak 15, Profesi bidan sebanyak 252, DIV kebidanan sebanyak 135 dan S1 kebidanan sebanyak 227 orang.

Hadir Pembina Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo, H.Rahim Munir, S.P., M.M bersama sejumlah tamu dan undangan diantaranya, Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Dr Drs Andi Lukman, M.Si, mewakili Wali KOta Palopo yakni Kadis Pariwisata dan Industri Kreatif, Ade Chandra, unsur muspida, sejumlah Pimpinan Perguruan tinggi diantaranya, Direktur ATIM Dewantara, Dr Suaedi, Ketua STISIPOL Palopo, Drs Abdul Salam Thamrin M.Si, Pimpinan Universitas Muhamadiyah Palopo, UNCP serta mitra dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan ini, Kadis Pariwisata dan Industri Kreatif, Ade Chandra menyampaikan rasa bangganya atas kiprah UMB Palopo di kota ini. Dimana diketahui mahasiswanya berasal dari sejumlah daerah yang menempuh pendidikan di Kota Palopo.

"Saya merasa berbangga bisa berada di acara UMB Palopo saat ini, diketahui UMB Palopo ini pesat sekali perkembangannya, semoga semakin maju lagi ke depan," jelasnya.

Pada wisuda kali ini sejumlah kemajuan serta prestasi UMB Palopo yang ditorehkan tersampaikan sebagai pertanggung jawaban kepada publik, seperti baru baru ini meraih akreditasi institusi Baik Sekali dari BAN-PT menunjukkan kepercayaan pemerintah serta masyarakat, selain itu beragam prestasi dosen dan mahasiswa yang ditorehkan pun ikut ditunjukkan. Dan khusus untuk Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan telah meluluskan 94,25 dari 229 orang dalam Uji Kompetensi.

"Kita bersyukur seluruh 229 orang mengikuti UKOM, dan kelulusannya 94,25 persen, hampir seratus persen," ucap Rektor.(*/uce)

  • Bagikan