PSM Bantai Yangon United 4-0, Adilsen Cetak Brace, Aman Satu Tempat di Putaran Final AFC Cup

  • Bagikan

Pemain PSM pada partai playoff AFC Cup 2023 saat menjajal Yangon United. Fjr--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BALI-- Luar biasa penampilan PSM Makassar. Saat menjajal Yangon United, klub asal Myanmar dalam babak playoff AFC Cup 2023, tim Juki Eja berhasil meraih kemenangan telak 4-0.

Hasil positif ini, membuat PSM Makassar menjadi wakil Indonesia yang berhasil melaju ke babak putaran final atau fase grup AFC Cup 2023.

Pertandingan antara kedua tim ini sendiri berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu, 23 Agustus 2023.

Adapun dua gol yang tercipta di babak pertama berhasil dicetak oleh Adilson Silva (5’) dan Everton Nascimento (35’). 

Sementara dua gol tambahan di babak kedua dicetak oleh Yakob Sayuri (50’) dan Adilson Silva (61’).

Sejak awal babak pertama, PSM Makassar yang berstatus sebagai tuan rumah langsung mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. 

Hasilnya, gol cepat di menit kelima membawa PSM untuk sementara unggul 1-0 atas Yangon United, setelah Adilson Silva berhasil membukukan gol perdananya. 

Yangon United yang tertinggal pun berusaha untuk menyamakan kedudukan dengan meningkat inisiatif serangannya.

PSM pun yang sementara unggul satu gol masih berusahan untuk menambah keunggullannya. Beberapa upaya dari anak asuh Bernardo Tavares ini mengancam gawang Yangon United.

Pada menit ke-31, PSM hampir saja menambah keunggulannya. Namun, umpan silang yang diberikan dari sisi kiri pertahanan lawan gagal disambut oleh Dzaky Asraf.

PSM Makassar akhirnya berhasil memperlebar keunggulan di menit ke-35 melalui gol yang diciptakan oleh Everton Nascimento. Setelah dirinya berhasil lepas dari kawalan pemain lawan. 

Pada menit ke-43, Kenzo Nambu hampir saja menambah keunggulan PSM. Sayangnya sepakannya di dalam kotak pinalti masih membentur mistar gawang.

Pada menit ke-45+5, Kenzo Nambu gagal menambah keunggulan sepakannya masih mampu dihalau oleh pemain Yangon United.

Sampai peluit panjang tanda berakhir babak pertama dibunyikan tak ada laga gol yang tercipta. PSM Makassar untuk sementara unggul 2-0 atas Yangon United. 

Masuk ke babak kedua, Yangon United yang tertinggal kembali mengambil inisiatif terlebih dahulu, dengan menekan lini pertahanan PSM.

Namun, PSM Makassar berhasil menambah keunggulannya menjadi 3-0, setelah Yakob Sayuri berhasil mengelabui penjaga gawang lawan di menit ke-50. 

Tertinggal tiga gol, Yangon United terus meningkatkan intensitas serangannya untuk mengejar ketertinggalan.

Adilson Silva kembali mencetak gol kedua alias brace di laga ini pada menit ke-61. Berawal umpan crossing yang di lepas pemain asal Portugal ini kemudian mampu menyelesaikannya dengan baik. PSM pun unggul jauh 4-0 atas Yangon United.

Sampai menit ke-80, kedua tim pun mulai saling bertukar serangan, dimana tim tamu Yangon United lebih banyak mengancam gawang Reza Arya Pratama.

Di sisa 10 menit akhir pertandingan, tim tamu Yangon United terlihat lebih banyak menelan lini pertahanan PSM Makassar.

Sampai peluit panjang dibunyikan tidak ada lagi gol yang tercipta. PSM pun menang dengan skor telak 4-0 atas Yangon United dan mengamankan satu tiket ke babak fase grup AFC Cup 2023. (fajar/palopopos)

  • Bagikan