Biasa Sakit Punggung? Ternyata 90 Persen Penyebabnya Ini

  • Bagikan
Sakit punggung / Ilustrasi

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Anda biasa merasakan sakit punggung? Sakit punggung merupakan gangguan kesehatan umum yang bisa menyerang siapa saja. Ternyata, menurut dr. Asa Ibrahim menyebut 90 persen penyebabnya karena alasan ini.

Dia menyebut bukan saraf terjepir, punggung bergeser, punggung bengkok atau bahkan kurang minum yang biasanya lekat disebut sebagai penyebabnya.

"Bukan saraf terjepit, bukan punggung geser, bukan punggung bengkok, apalagi kurang minum air," katanya dikutip dari Twitter pada Kamis (24/8/2023).

Penyebabnya adalah masalah yang menyerang otot punggung atau biasa juga disebut Muscle Strain.

Muscle Strain adalah gangguan cedera otot atau otot tetarik. Sebagian besarnya disebabkan oleh aktivutas harian dengan posisi atau postur yang kurang baik.

Postur kurang baik ini menjadikan tarikan otot punggung yang dipaksa terlalu keras bekerja. Akibatnya terjadi nyeri dan penyakit.

Posisi ini seringkali dilakukan secara berulang-ulang dan menjadi kebiasaan. Dr. Asa mengingatkan tidak perlu langsung menyimpulkan jika itu penyakit serius. Kamu bisa mulai memperbaiki kebiasaanmu.

Namun, jika gejala yang dialami semakin berat hingga mengganggu aktivitas, maka bisa menggunakan obat agar mengurangi gejalanya.

Hal kedua adalah dengan memperbaiki posisi harian. Tetapi jika mengalami sakit lebih dari 1 bulan, maka periksakan ke dokter segera. (fjr/pp)

  • Bagikan