Sakit Tenggorokan? Ini 5 Minuman yang Ampuh untuk Meredakannya

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Kesehatan Anda terganggu khususnya sakit tenggorokan? Tentunya dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Ujung-ujungnya, bisa menganggu aktivitas.

Ada beberapa penyebab mengapa tenggorokan menjadi sakit seperti infeksi virus, udara kering, radang amandel, penyakit asam lambung, dan iritasi akibat paparan rokok.

Untuk menyembuhkan penyakit tenggorokan kamu perlu mengkonsumsi obat-obatan dari dokter. Namun tak hanya obat-obatan saja, kamu juga bisa mengkonsumsi minuman untuk sakit tenggorokan.

Dilansir dari alodokter dan halodoc pada Senin, 22 April 2024 berikut ini merupakan lima minuman yang ampuh untuk meredakan sakit tenggorokan.

  1. Air lemon

Minuman pertama yang dapat kamu minum ketika sakit tenggorokan yaitu air lemon karena memiliki kandungan vitamin C serta antioksidan yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh serta melawan infeksi.

Kamu dapat mencampur 1 sendok teh air perasan lemon dalam segelas air dan kamu dapat konsumsi minuman ini sebanyak 2 atau 3 kali agar sakit tenggorokan hilang.

  1. Kumur dengan air cuka

Selanjutnya yaitu kamu dapat menggunakan cuka agar sakit tenggorokan hilang karena cuka memiliki sifat asam dan dapat membunuh bakteri yang ada di tenggorokan.

Selain itu, cuka jugaa dapat melonggarkan dahak yang dapat membuat sakit tenggorokan hilang.

Kamu dapat menggunakan cuka sebagai obat kumur dengan mencampur satu sendok teh cuka sari apel dengan segelas air. Kamu juga dapat mengkombinasikan cuka dengan satu sendok teh garam untuk berkumur.

Selain itu, cuka juga dapat melonggarkan dahak yang dapat membuat sakit tenggorokan hilang.

Kamu dapat menggunakan cuka sebagai obat kumur dengan mencampur satu sendok teh cuka sari apel dengan segelas air. Kamu juga dapat mengkombinasikan cuka dengan satu sendok teh garam untuk berkumur.

  1. Teh peppermint

Cara selanjutnya yaitu kamu dapat mengkonsumsi teh peppermint agar sakit tenggorokan hilang peppermint memiliki sifat antiseptic yang dapat meredakan sakit tenggorokan serta menghilangkan infeksi bakteri.

  1. Air jahe

Kamu dapat mengkonsumsi air jahe karena memiliki kandungan zat antiradang yang dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.

Selain itu, air jahe juga memiliki kandungan zat antimikroba yang dapat melawan infeksi bakteri atay=u virus yang dapat menguatkan daya tahan tubuh.

Untuk itu, kamu dapat mrebus 1 ruas ruas jahe hingga mendidih dan biarkan selama lima menit sebelum diminum.

  1. Susu kunyit

Minuman selanjutnya yang dapat kamu konsumsi ketika sakit tenggorokan yaitu susu kunyit. Seperti yang diketahui bahwa kunyit memiliki kandungan antibakteri dan antiradang.

Selain itu, susu juga dapat menenangkan tenggorokan yang gatal. Untuk itu, kamu dapat mengkonsumsi keduanya agar sakit tenggorokan cepat sembuh.

Nah itu dia informasi mengenai lima minuman yang ampuh untuk meredakan sakit tenggorokan. (JP/PP)

  • Bagikan