Pastikan Layanan Berkualitas, BPJS Kesehatan Palopo SIBLING ke Puskesmas

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- BPJS Kesehatan Cabang Palopo melaksanakan kegiatan Supervisi, Buktikan, dan Lihat Langsung (SIBLING) di Puskesmas Sendana, Rabu (24/4), untuk memastikan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sesuai dengan komitmen dan Janji Layanan JKN.


Salah satu hal yang dilakukan dalam pelaksanaan SIBLING adalah mengunjungi peserta JKN yang tengah mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan, baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL), untuk memastikan kenyamanan dan kemudahan peserta JKN saat mengakses layanan kesehatan.


Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Dahniar Hasyim Dahlan menyampaikan melalui kegiatan SIBLING BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program JKN dapat melakukan monitoring dan evaluasi pelayanan kesehatan bagi Peserta JKN di fasilitas kesehatan secara langsung.


“Yang ingin dipantau adalah pemenuhan kewajiban fasilitas kesehatan terkait mutu layanan, dimana hasil dari setiap kunjungan SIBLING tentunya akan disampaikan kembali kepada fasilitas kesehatan khusunya jika terdapat keluhan dari peserta JKN. Tim kami akan secara rutin turun ke lapangan untuk pelaksanaan SIBLING ini,” tutur Dahniar.


Ia juga menambahkan, tujuan lain dari kegiatan Sibling adalah untuk membantu fasilitas kesehatan dalam melihat area of improvement yang mungkin tidak terpantau oleh fasilitas kesehatan sehingga langkah-langkah perbaikan dapat dilakukan dan diharapkan berujung kepada peningkatan kepuasan peserta JKN terhadap layanan kesehatan di fasilitas kesehatan.


Adalah Martina (37), salah satu peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK), yang ditemui oleh petugas BPJS Siap Membantu (BPJS SATU) saat melaksanakan kegiatan SIBLING di Puskesmas Sendana. Martina menyampaikan kepuasannya selama ini saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan sebagai peserta JKN.


Martina menyampaikan bahwa tidak ada diskriminasi pelayanan yang diberikan baik oleh perawat maupun dokter meskipun dirinya terdaftar sebagai peserta PBI JK. Ia pun menuturkan jika selama ini dirinya rutin berobat di Rumah Sakit Bintang Laut Kota Palopo yang menurutnya pelayanannya sangat baik.


“Sudah lama saya rutin berobat pakai JKN di Rumah Sakit Bintang Laut, pelayanannya is the best pokoknya, mulai dari perawat sampai dokter semuanya ramah kalau melayani. Di sini (Puskesmas Sendana) pelayanannya juga bagus. Tidak pernah kita dipersulit atau dibedakan dengan pasien umum, saya juga tidak pernah diminta membayar biaya tambahan apapun” ungkap Martina.


Dalam kesempatan tersebut Martina juga sempat menyampaikan kendala saat akan melakukan registrasi Aplikasi Mobile JKN kepada petugas BPJS Satu akibat ketidaksesuaian nomor telepon yang digunakan saat proses registrasi. Saat itu juga dirinya dibantu oleh Petugas BPJS Satu dan setelah berhasil melakukan registrasi, Martina menyampaikan rasa terima kasihnya atas kegiatan SIBLING hari itu.


“Oleh petugas rumah sakit saya diarahkan untuk menggunakan Aplikasi Mobile JKN agar lebih memudahkan dalam mengambil nomor antrean pendaftaran layanan di rumah sakit. Terima kasih atas bantuan Petugas BPJS Satu, karena sebelumnya saya sudah coba beberapa kali untuk registrasi tapi gagal. Untungnya hari ada kegiatan SIBLING dan saya sekalian bisa dibantu untuk mengaktifkan Aplikasi Mobile JKN saya, jadi tidak perlu lagi ke kantor BPJS Kesehatan untuk melapor”.


Selain melalui kegiatan SIBLING, peserta JKN juga dapat menyampaikan pengalaman mengakses layanan di fasilitas kesehatan melalui pengisian survei Kesan dan Pesan Setelah Layanan (KESSAN) yang dapat diakses pada Aplikasi Mobile JKN atau bisa juga dengan melakukan scan QR code survei KESSAN pada poster yang telah terpajang di seluruh fasilitas kesehatan yang bekerja sama. (rls/idr)

  • Bagikan