Hati-hati! Dengar Musik Pakai Earphone Bisa Picu Gangguan Pendengaran

  • Bagikan
Ilustrasi-- Orang mendengarkan musik menggunakan earphone. (Pexels)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ini perhatian bagi yang kerap menggunakan earphone untuk mendengarkan musik. Karena, bisa berakibat fatal.

Menurut Dokter spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan, Kepala, dan Leher dari Rumah Sakit Umum Daerah Mampang Prapatan, Dr. Shofiah Sari, Sp.THT-KL, risiko gangguan pendengaran akibat kebiasaan mendengarkan musik dengan suara keras menggunakan earphone atau headset bisa terjadi.

Menurutnya, semakin tinggi volume suara dan semakin lama penggunaan earphone, semakin besar risiko terkena gangguan pendengaran atau tuli.

"Semakin kencang suaranya, semakin lama kita memakai headset atau earphone, juga semakin meningkatkan risiko gangguan pendengaran atau tuli pada telinga kita," kata dr. Shofiah Sari, Sp.THT-KL dalam acara diskusi media di Jakarta, Kamis, 18 April 2024.

Dr. Shofiah menyarankan untuk memperhatikan volume suara, memilih earphone dengan fitur keamanan yang baik, dan mengurangi paparan suara keras seperti dari musik, konser, atau siaran pertandingan dalam waktu lama.

Dia juga mengutip data WHO yang menunjukkan bahwa 1,1 miliar orang muda berisiko mengalami gangguan pendengaran akibat sering mendengarkan musik dengan volume tinggi.

Untuk menjaga pendengaran, disarankan untuk selalu memeriksa volume suara, menghindari lingkungan bising, menggunakan ear plug jika perlu, dan mengatur waktu istirahat telinga saat berada di lingkungan berisik atau dalam acara konser.

Terakhir, Dr. Shofiah menekankan pentingnya memeriksa kondisi pendengaran secara berkala melalui audiometri. (*/fajar/pp)

  • Bagikan