Ini Lho 5 Manfaat Melakukan Flossing Gigi Secara Rutin

  • Bagikan
ILUSTRASI: Flossing Gigi (Sora Shimazaki/PEXELS)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID-- Melakukan flossing gigi secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dengan flossing, berbagai macam risiko kerusakan pada gigi dan gusi dapat diminimalisasi.

Menurut American Dental Association, melakukan pembersihan interdental seperti menggunakan benang gigi dapat menghilangkan plak dan kotoran dari area yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Dilansir dari Healthline, berikut manfaat flossing gigi bagi kesehatan mulut.

  1. Menghilangkan plak

Plak merupakan lapisan lengket tidak berwarna yang terkumpul di sekitar dan di antara gigi, serta sepanjang garis gusi. Jika tidak menyikat gigi secara rutin dapat membentuk lapisan plak yang bercampur bakteri. Hal itu bisa mengakibatkan karang gigi dan membuat gigi berlubang.

Melakukan flossing secara reguler dapat membantu menghilangkan pertikel makanan di sekitar gigi yang menyebabkan penumpukan plak.

  1. Mengurangi risiko gigi berlubang

Penyebab gigi berlubang adalah lubang kecil pada permukaan keras gigi yang terus membesar. Plak pada permukaan keras gigi dapat menjadi penyebab gigi berlubang. Membersihkan sela-sela gigi dengan benang setidaknya sekali sehari dapat membantu mengurangi penumpukan plak, serta mengurangi risiko kerusakan gigi.

  1. Membantu mencegah penyakit gusi

Gingitivis adalah tahap awal penyakit gusi. Salah satu tahap awal gingitivis adalah peradangan di sekitar gusi. Menyikat gigi dua kali sehari dan melakukan flossing gigi sekali sehari dapat membantu mengurangi risiko penyakit gusi.

  1. Mengurangi bau mulut

Bau mulut menjadi masalah yang umum ditemui. Dengan flossing gigi merupakan salah satu alat yang dapat menghilangkan bau mulut. Saat makanan tersangkut di sela-sela gigi, makanan perlahan akan membusuk. Jika tidak dihilangkan, maka dapat menyebabkan napas berbau tidak sedap. Selain itu, plak yang menumpuk pada gigi dapat mengikis enamel gigi yang menyebabkan gigi berlubang dan berkontribusi terhadap bau mulut.

  1. Membantu kesehatan jantung

Menurut sebuah penelitian tahun 2019, orang-orang yang melakukan standar kebersihan mulut yang tinggi mengalami penurunan risiko gagal jantung dan fibrilasi atrium. Flossing gigi menjadi cara sederhana untuk dapat meningkatkan kebersihan mulut dan kehatan secara keseluruhan. (jawapos)

  • Bagikan