Persiapkan Bekal Tambahan, HMPS PBA Adakan Sekolah Keguruan

  • Bagikan

* Citizen Reporter
Nur Rahmatullah Ibrahim
(Mahasiswa Magang IAIN Palopo)


PALOPOPOS. CO. ID, BALANDAI--
Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) IAIN Palopo mengadakan kegiatan Sekolah Keguruan di Gedung Lt. 3 Pascasarjana IAIN Palopo, 25-26 Agustus 2023.

Kegiatan yang bertemakan “Optimalisasi Kualitas dan Kompetensi Calon Guru dalam Mewujudkan Merdeka Belajar” yang berlangsung selama dua hari, dimulai pada pukul 08.00 – 15.30 WITA.

Kegiatan ini merupakan wadah pelatihan untuk calon guru yang diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan dan Keilmuan HMPS PBA yang bertujuan untuk melatih skil mengajar, memonitoring kelas, membuat perangkat pembelajaran, dan juga membuat inovasi-inovasi pembelajaran yang dikhususkan untuk mahasiswa PBA semester 7 yang akan melaksanakan Program Latihan Profesi (PLP).

Pada hari pertama kegiatan, Jumat, 25 Agustus 2023, dimulai dengan pembukaan pada pukul 08.00 WITA yang dihadiri oleh Ketua Prodi Pendididikan Bahasa Arab (PBA) IAIN Palopo, Dr. Naidin Syamsuddin, S.Ag., M.Pd.I.

Setelah pembukaan dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib dan sharing pengalaman mengajar, PLP, dan KKN pukul 09.30-12.00 WITA oleh steering komite, Ahmad Hisyam Sya’roni dari Prodi PBA.

Lalu dilanjutkan materi pertama pada pukul 13.30-15.30 WITA oleh Dr. Hisbullah, M.Pd. dengan tema “Penyusunan Modul Ajar Merdeka Belajar Berbasis GPT”.

Pada hari kedua, Sabtu, 26 Agustus 2023, dimulai pada pukul 09.00-12,00 WITA. materi kedua oleh Mustafa, S.Pd.I., M.Pd.I. dengan tema “Inovasi Games atau Media Pembelajaran Bahasa Arab” pada pukul 09.00-12.00 WITA.

Setelah ishoma, dilanjutkan materi ketiga yang bertema “Tips Menciptakan Pembelajaran yang Interaktif dan Komunikatif” dibawakan oleh Hasanuddin Tosimpak, MS. Pada pukul 13.30-15.30 WITA. Kemudian dilanjut dengan penutupan oleh stering komite, Amalia Putri, S.Pd.

Menurut Ketua HMPS PBA, Urmila Rahmadani bahwa kegiatan Sekolah Keguruan ini bisa dikatakan bagian dari pembekalan tambahan sebelum angkatan 2020 melaksanakan PLP.

Fakultas Ilmu Keguruan dan Tarbiyah sudah melaksanakan pembekalan yang disediakan oleh panitia PLP di tingkat fakultas

Tapi karena kemarin untuk PLPnya banyak membahas sekaitan dengan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) dan pada saat pembekalan waktu terbatas, jadi sekaitan dengan IKM itu tidak dibahas secara mendetail.

Oleh karena itu, pengurus PBA berinisiatif mengadakan kegiatan ini karena menganggap bahwa kurikulum merdeka ini penting untuk diketahui mahasiswa yang akan PLP karena itu yang akan diterapkan di sekolah.

Sehingga para pengurus HMPS inisiatif mewadahi teman-teman PBA angkatan 2020 untuk belajar lebih lanjut tentang penerapan kurikulum merdeka, dan juga menghadirkan pakar dari penerapan IKM yang ada di kampus yaitu Dr. Hisbullah, M.Pd. (*/ikh)

  • Bagikan