Over Target, Pendaftar Maba IAIN Palopo 1.532 Orang

  • Bagikan

Ketua Panitia Pelaksana Penerimaan Maba IAIN Palopo, Dr Muammar Arafat Yusmad MH. --ft: Ilhamakbar

* Citizen Reporter
Ilham Akbar
(Mahasiswa Magang IAIN Palopo)


PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BALANDAI--
Luar biasa. Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Palopo secara online dan offline over target. Jumlah pendaftar mencapai 1.532 orang, dari target 1.000.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana PMB, Dr Muammar Arafat Yusmad SH yang ditemui penulis di ruang kerjanya, Selasa, 29 Agustus 2023, kuota Mahasiswa Baru (Maba) IAIN Palopo sebenarnya 1.900 orang. Namun dengan pertimbangan tertentu, terlebih lagi pascapandemi Covild-19, yang mengakibatkan tidak hanya di IAIN Palopo saja yang mengalami pendaftar, melainkan seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia.

''Maka dari itu kampus hijau tersebut (julukan IAIN Palopo) memasang target 1.000 mahasiswa baru,'' jelas Dr Muammar.

Penerimaan Maba IAIN Palopo terbagi menjadi empat tahap. Yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN), Mandiri Prestasi Non Akademik, dan Mandiri Umum.

SPAN PTKIN sendiri berlangsung secara online pada 17 Januari hingga 3 April 2023. Dilanjutkan dengan jalur UM-PTKIN yang berlangsung secara online untuk pendaftannya dan offline untuk ujiannya pada 10 April hingga 5 Juli 2023. Kemudian jalur mandiri prestasi non akademik yang berlangsung secara online pada 8 Juni hingga 3 Juli 2023. Dan ditutup dengan jalur mandiri umum pada 8 Juni hingga 20 Juli 2023.

Lanjut Dr Muammar mengungkapkan bahwa kemungkinan Maba yang lulus di IAIN Palopo tahun ini akan melebihi tahun sebelumnya. Pasalnya pada tahun sebelumnya, kampus hijau tersebut menerima 1.251 mahasiswa. Sedangkan sekarang terdaftar 1.532 mahasiswa. Dan akan dipastikan jumlahnya pada pelaksanaan PBAK nanti. (*/ikh)

  • Bagikan