Buka Akses Wilayah Terisolir, Gubernur Andi Sudirman Resmikan Ruas Bonglo-Pantilang di Luwu

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID LUWU - Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman meresmikan Peningkatan Jalan Ruas Bonglo - Pantilang, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu, Rabu 30 Agustus 2023.

Peresmian sekaligus peninjauan jalan ini, Gubernur Sulsel didampingi Bupati Luwu, Basmin Mattayang, dan Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Viktor Palimbong.

"Alhamdulillah, meresmikan Peningkatan Jalan Ruas Bonglo - Pantilang, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu. Ini salah satu akses dari Luwu Raya menuju Toraja," katanya.

Ruas jalan ini, kata dia, akan menghubungkan akses jalan dari Palopo - Luwu - Toraja melalui ruas Palopo - Latuppa - Bonglo - Pantilang - Rantepao.

Penanganan jalan ini, berkat bantuan keuangan Pemprov Sulsel yang dialokasikan oleh Gubernur Andi Sudirman untuk tahun anggaran 2022 dan tahun 2023.

"Selesainya penanganan jalan ini oleh Pemkab Luwu melalui bantuan keuangan Pemprov Sulsel TA 2022 dan 2023 total Rp 39 Miliar, untuk pengaspalan 10,6 Km. Alhamdulillah, dalam dua tahun kita bisa tangani dan tuntaskna sepanjang 10,6 km," jelasnya.

Dirinya pun mengapresiasi Bupati Luwu beserta jajaran yang merealisasikan bantuan keuangan tersebut.

Terlebih Jalan ini juga menghubungkan ruas jalan Provinsi pada ruas Bua - batas Toraja Utara di Kabupaten Luwu, yang saat ini progres ditangani sepanjang 2,2 km.

Dengan selesainya penanganan jalan ini, akan membuka akses masyarakat terisolir. Sekaligus memperlancar akses mobilitas masyarakat dari/ke Luwu ke Toraja.

"Kami turut senang dengan kebahagian masyarakat dengan penanganan jalan ini. Hal ini sebagai wujud bukti pemerataan pembangunan yang berkeadilan dan secara bertahap," jelasnya.(hms/idr)

  • Bagikan