Luthfi: Sakaruddin Adalah Sosok Pendidik yang Punya Gagasan Besar

  • Bagikan

MANTAN Bupati Lutra HM Luthfi Mutty saat nelepas jenazah Sakaruddin. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MASAMBA--- Almarhum Dr H Sakaruddin adalah sosok pendidik yang memiliki gagasan besar membumi, penilaian tersebut dikemukakan Mantan Bupati Luwu Utara dua periode HM Luthfi Mutty saat memberikan sambutan pada pelepasan Jenasah Almarhum Sakaruddin.

" Banyak di antara kita memiliki banyak gagasan, tapi hanya semacam gagasan, tapi pak Sakaruddin bisa membumikan gagasan itu," kata Luthfi.

Karena gagasannya yang luar biasa itu, sekitar tahun 2003, Luthfi yang waktu itu menjabat Bupati Luwu Utara memanggil almarhum untuk membantu membangun tanah kelahirannya Luwu Utara.

"Supaya bisa dimanfaatkan Ilmu Almarhum, saya Pak Sekda, Asisten dan kepala Bappeda rapat untuk menentukan job yang paling cocok pada buat Almarhum," ujar Luthfi

Organisasi yang pas untuk Almarhum sambung Luthfi adalah kepala Balai Latihan Kerja (BLK). Tapi, menurut Luthfi lembaga itu hanya eselon III, padahal Luthfi menginginkan lembaga itu eselon II yang belum ada di daerah lain.

"Kami melakukan koordinasi di kementerian bersama Pak Sakaruddin maka lahirlah namanya BAPPTEK," jelasnya.

Luhfi mengaku komunikasinya dengan Almarhum cukup intensif. Bahkan, katanya hampir setiap dua minggu dirinya sering komunikasi, baik berbicara tentang lembaga pengembangan LPTTG malindo hingga keluarga. " Dua bulan lalu Pak Saka masih WA saya mengajak meminta saya menjadi Instruktur Pelatihan LPPTG. Saya bilang terima kasih Pak Saka karena kesibukan bolak balik Jakarta Makassar. Artinya saya dengan secara fisik terpisah cukup jauh, tapi komunikasi aktif setiap minggu," kata Luthfi.

Luthfi berharap ada yang bisa meneruskan gagasan besar H Sakaruddin yaitu mengembangkan LPTTG Malindo. Sebab, kata dia, LP Malindo bukan pekerjaan yang gampang, yang ditinggalkan Sakaruddin ini sesuatu yang sangat besar.

"Mudah-mudahan Ananda Rakardi Sakaruddin bisa melanjutkan gagasan Pak Sakaruddin ini," tutupnya.

Sementara Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengaku kaget mendengar kabar kepergian Almarhum. Karena, menurutnya, selama ini dirinya tidak pernah mendengar Pak Sakaruddin sakit. "Atas Nama Pribadi dan Pemerintah Kab Luwu Utara menyampaikan duka cita yang mendalam atas kepergian almarhum. Banyak cerita baik kita dengar tentang kepribadian almarhum," ujar Indah.

Almarhum H Sakaruddin dilahirkan di Salulemo kec Baebunta Kab Luwu Utara 65 tahun lalu, pendidikan SD palandan tahun 1971, SMEP Kaluku tahun 1974, SMEA Palopo tahun 1977, S1 Tadulako Palu tahun 1987, S2 Unhas Tahun 2001, S3 Universitas terbuka tahun 2014.

Pekerjaan staf kepegawaian Universitas Tadulako Tahun 1995, Kepala Bagian Pendidikan dan Kerjasama Universitas Tadulako tahun 2003, Tim Ahli Walikota Palu tahun 1995, Tim Ahli Gubernur Sulteng tahun 2000, Kepala Bapptek Luwu Utara tahun 2005.Tim Ahli Gubernur Sulbar tahun 2016.

Jabatan lainya Direktur LPTTG Siranindi Palu, Tim penyusun life skill kementerian pendidikan, ketua forum komunikasi karang taruna Indonesia, ketua DPD Partai Republikan, Ketua DPC Partai Gerindra Lutra, Wakil rektor III bidang Kemahasiswaan Universitas Andi Djemma, terakhir Direktur LPTTG Malindo. (mahmuddin)

  • Bagikan