Dra. Hj. Oos Fatimah Rosyati: Persiapan Fakultas Kedokteran UMB Palopo Sangat Mantap

  • Bagikan

Foto bersama Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Dra. Hj. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes (Tengah), Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Prof. DR. dr. Haerani Rasyid, M.Kes, SpPD, K-GH, SpGK dan Rektor UMB Palopo, Dr Hj Nilawati Uly, S.Si Apt, M.Kes. --hmsumb--


FK UNHAS Siap All Out Dampingi

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Kementerian Kesehatan Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Dra. Hj. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes bersama tim melakukan visitasi di Universitas Mega Buana (UMB) Palopo terkait persiapan pembukaan Fakultas Kedokteran, 1 September 2023.

Dalam visitasi ke sejumlah ruangan, Dra. Hj. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes menyatakan persiapan pembukaan Fakultas Kedokteran UMB Palopo sangat mantap. Itu disampaikan kepada Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Prof. DR. dr. Haerani Rasyid, M.Kes, SpPD, K-GH, SpGK beserta tim, Rektor UMB Palopo, Dr Hj Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes beserta tim.

"Lab anatominya paling mantap, lab terlengkap, alat terlengkap, ini yang paling dipersiapkan secara detail," ucapnya kepada Prof. DR. dr. Haerani Rasyid, M.Kes, SpPD, K-GH, SpGK saat mevisitasi seluruh ruangan di Kampus 2 UMB Palopo Jalan Opu to Sappaile.

Dra. Hj. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes dalam sambutannya sebelum melakukan visitasi mengungkapkan bahwa FK Unhas sudah tidak diragukan lagi dalam melakukan pendampingan. "Saya beberapa kali melihat pendampingan Unhas, mereka sangat bertanggung jawab," ungkapnya disambut aplaus.

Diketahui pembukaan Fakultas Kedokteran UMB Palopo ini adalah pendampingan FK Unhas dimana telah dilalui sejumlah proses.

Pembukaan Fakultas Kedokteran di UMB Palopo ini , ia juga melihat komitmen dukungan pemerintah. Dimana semua stakholder hadir, seperti Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Dr dr Ishaq Iskandar, M.Kes, Wakil Walikota Palopo, Dr Ir H Rahmat M Bandaso, Pembina Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo, H Rahim Munir, SP MM, Ketua IDI Palopo, dr Abdul Syukur Kuddus, Sp.B, Perwakilan RS Sawerigading, Dinas Kesehatan Kota Palopo, Kepala Puskesmas dan seluruh pihak terkait.

"Melihat hal ini menunjukkan dukungan yang luar biasa, karena ini sangat penting untuk mendirikan Prodi Kedokteran. Memang dibandingkan Prodi yang lain, memang ini lebih banyak kebutuhannya, apalagi soal sarana dan prasarana, namun ini sangat luar biasa, dan kami menghargai ini," katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa UMB Palopo ternyata sudah punya rumah sakit, ia meminta agar itu dipersiapkan menjadi RS Satelit Unhas. "jadi mulai sekarang persiapkan untuk jadi rumah sakit satelitnya Unhas, mungkin bisa ya, supaya nanti menuju rumah sakit pendidikan (sebagai tempat praktik mahasiswa kedokteran.red),"harapnya.

Ia menyampaikan setelah visitasi ini, akan ada rekomendasi lagi berdasarkan tahapan pembukaan prodi kedokteran, itu berdasarkan Permendikbudristek 36 dan PPDIKTI No.52 harus ada rekomendasi dari Menteri kesehatan, "nanti kami akan lihat dokumennya,"ungkapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Prof. DR. dr. Haerani Rasyid, M.Kes, SpPD, K-GH menyampaikan rasa syukurnya terkait perencanaan pembukaan Prodi ini yang sudah sampai pada tahap Kemenkes, "artinya apa yang telah dirintis selama ini semoga tidak ada halangan, Insya Allah kami mohon support kepada Kemenkes, sehingga upaya ini dapat terealisasi, kami melihat kesungguhan Universitas Mega Buana dan keseriusan Rektor serta tim yang ada bahwa betul betul mereka menyiapkan diri membuka Fakultas ini, tidak mungkin UMB Palopo maju kalau tidak all aout dan tidak didukung oleh Pemda setempat, dan Unhas juga Siap All Out Dampingi Pembukaan Prodi Kedokjetran ini,"sebutnya.

Rektor UMB Palopo, Dr Hj NIlawati Uly, S.Si Apt, M.Kes di awal sambutan menyampaikan komitmen UMB Palopo dalam pengembangan perguruan tinggi yag dimulai sejak tahun 2009 lalu, yang berawal dari STIKES hingga menjadi Universitas. Rektor menyampaikan, untuk persiapan dilakukan oleh UMB Palopo terkait pembukaan fakultas Kedokteran, kami telah mempersiapkan sejak 2016, diawali dengan pendirian RS Mega Buana Palopo. Dimana pada masa itu masih moratorium sehingga dilakukan persiapan lainnya yang dibutuhkan sehingga melakukan kerjasama dengan UNHAS 1 September 2022, dan FK Unhas berkenan untuk mendampingi UMB Palopo dalam pengajuan pendirian Fakultas Kedokteran, upaya ini juga mendapatkan dukungan dari Pemprov Sulsel, Walikota Palopo dan sejumlah pihak terkait," jelasnya.(*/uce)

  • Bagikan