Gubernur Andi Sudirman Sulaiman Lantik 2 Wija Tana Luwu, Ini Pesan-pesan Khusus yang Disampaikan

  • Bagikan
Suasana usai pelantikan pejabat eselon II di Pemerintah Provinsi Sulsel yang digelar di kantor Samsat Kota Palopo oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Dua wija Tana Luwu dipercaya menjadi kabinet Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (ASS) di penghujung masa pengabdiannya yang akan berakhir, 5 September 2023.

Kedua pejabat yang dilantik jadi Eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, Jumat 1 September 2023 adalah Dr. dr. HM. Ishaq Iskandar, M.Kes. Staf ahli Pemkot Palopo ini, ditugaskan sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel.

Selain mantan Kadis Kesehatan Kota Palopo ini, Gubernur Andalan juga melantik putri terbaik asal Luwu Raya Dr. dr. Evi Mustikawati Arifin, Sp.KK M.Kes, FINSDV, FAADV. Ia dipercaya sebagai Direktur RS Haji Makassar.

Pada pelantikan yang dilakukan secara langsung di kantor Samsat Palopo, 1 September 2023 dan secara virtual atau daring, juga beberapa pejabat Pemprov lainnya ikut dilantik dari kantor gubernuran di Makassar.

Ini tentu sejarah baru dan patut diapresiasi semua masyarakat Luwu Raya. Dan patut diberikan jempol kepada Gubernur Andalan. Karena, nanti pada masa periode kepemimpinan Andi Sudirman Sulaiman dua wija to Luwu dilantik sekaligus.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (ASS) melantik 2 Bija Luwu Raya jadi Eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, Jumat 1 September 2023. Dr dr Ishaq Iskandar, M.Kes sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, dan putri asal Luwu Raya Dr dr Evi Mustikawati Arifin, Sp.KK M.Kes, FINSDV, FAADV sebagai Direktur RS Haji Makassar. IST

Gubernur yang dikenal low profile dan sangat merakyat ini melakukan kunjungan kerja ke Tana Luwu, yakni Palopo, Luwu, dan sebelumnya di Luwu Timur. Sekaligus mengisi dengan agenda acara pelantikan tersebut.

Acara pelantikan dimulai pukul 10:30 Wita. Hadir sejumlah pejabat Pemprov Sulsel. Kemudian kepala SMKN/SMA se Luwu Raya. Karena kondisi ruang agak sempit sehingga beberapa tamu undangan duduk di luar aula Samsat Palopo.

Dari dalam aula terdengar suara gubernur penuh semangat. Ceria dan penuh santun. Ia memberi semangat kepada pejabat yang dilantik.

"Yang dilantik saya berharap jalankan tugas dan wewenang secara profesional," tandasnya. "Serta memastikan pelayanan publik dapat terlaksana secara optimal,” lanjut Gubernur Andalan penuh ceria.

Ia juga meminta pejabatnya untuk menjaga integritas. Kinerja harus lebih baik. "Sulsel bisa menjadi Andalan," tegasnya dan disambut gemuruh tepuk tangan.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu Gubernur Andalan juga melantik salah seorang wija to Luwu yakni Bachrianto Bahtiar sebagai Tim Ahli (TA) Tim Percepatan Gubernur Untuk Pembangunan (TGUPP).

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (ASS) foto bersama dengan Dr. dr. HM. Ishaq Iskandar, M.Kes usai melantik sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel. IST

Siapa DR dr Ishak? DR dr Ishak adalah mantan Kadis Kesehatan Palopo pada 2012 – 2019. Ia alumni PMDS Palopo tahun 1990. Ia menyelesaikan pendidikan S3 di Universitas Hasanudin, Makassar. Sekarang ini ia menjabat sebagai staf ahli bidang kesra di lingkup Pemkot Palopo. Sebelumnya asisten III Pemkot Palopo.

DR dr Ishak Iskandar usai acara pelantikan meminta doa dan dukungan kepada masyarakat Luwu Raya atas amanah baru yang diberikan Gubernur Andalan Sulsel. "Saya tentu bersyukur kepada Allah SWT," demikian DR dr Ishak Iskandar, saat dicegat Palopo Pos saat keluar dari aula Samsat.

Sambil meladeni sahabat dan koleganya berfoto, ia berjanji dan siap menjalankan apa yang menjadi arahan gubernur Sulsel. "Insya Allah. Sulsel bisa lebih sehat dan menjadi andalan," tandasnya penuh semangat.

Ia juga menyinggung sedikit proses sehingga dirinya terpilih dan dilantik sebagai Kadinkes Sulsel di hari Jumat yang penuh bahagia. "Saya mengikuti proses. Lelang terbuka. Dan Alhamdulillah, bisa dilewati dengan baik," ujarnya lagi.

Ketika ditanya kapan mulai aktif bertugas di Makassar, anak dari ulama yang penuh kharismatik (Alm) Prof HM Iskandar menyebutkan bahwa masih aktif mendampingi gubernur melakukan kunjungan kerja di Luwu Raya. "Setelah itu, ke Makassar menjalankan tugas," tandasnya sambil buru-buru naik mobil mengikuti gubernur menuju Luwu.

Selain DR dr Ishak dan DR Evi yang dilantik, beberapa pejabat lain mengikuti proses pelantikan secara daring di kantor Samsat Palopo. Yakni, Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Andi Erwin Terwo, Kepala Bapenda Sulsel, Reza Faisal Saleh, Kepala Biro Pengadaan Barang/Jasa, Kasman, serta Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Salehuddin.(asrul syafruddin)

  • Bagikan