Ketua Tim Task Force: Sarana dan Prasarana FK UMB Palopo Sudah Lengkap

  • Bagikan

DR. dr. H.M. Ishaq Iskandar, M.Kes (Ketua Tim Task Force Pembentukan Fakultas Kedokteran UMB Palopo). --hms umb-

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Ketua Tim Task Force pembentukan Fakultas Kedokteran Universitas Mega Buana (UMB) Palopo, DR. dr. H.M. Ishaq Iskandar, M.Kes, menyampaikan kesiapan pembukaan Prodi S1 Kedokteran dan Profesi di UMB Palopo. Hal itu disampaikan lantaran telah dilalui sejumlah tahapan dimana ia turut andil di dalamnya. Demikian halnya dengan fasilitas laboratorium serta sarana dan prasarana lainnya yang berada di Kampus 2, Jalan Opu Tosappaile.

Hal itu disampaikan Dr dr HM Ishaq Iskandar, M.Kes kepada media usai dirinya dilantik sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Jumat 1 September 2023. Dimana ia juga menyempatkan diri hadir dalam visitasi yang dilakukan oleh Kemenkes RI yakni Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Dra. Hj. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes, jumat, pekan kemarin.

Suasana penyambutan tim visitasi Kemenkes RI di Kampus 2 UMB Palopo, Jumat 1 September 2023. --Hmsumb--

"UMB Palopo sudah sangat siap untuk pembukaan Fakultas Kedokteran, sarana dan prasarananya semua sudah dipersiapkan, selaku ketua TIm Task Force dan secara pribadi tentu saya sangat mendukung," jelas Kadis Kesehatan Pemprov Sulsel yang baru saja dilantik tersebut.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melakukan visitasi terhadap persiapan pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Mega Buana Palopo pada, Jumat, kemarin.

Visitasi tersebut dipimpin langsung Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Dra. Hj. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes bersama tim didampingi tim Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar.

Tim Kemenkes menyusuri seluruh gedung A enam lantai serta gedung B dan C masing masing 3 lantai melihat kesiapan Universitas Mega Buana Palopo dalam pembukaan Fakultas Kedokteran ini. Mulai dari ruang lab anatomi, Lab Histologi, Lab Anatomi, Patologi Anatomi, Lab Fisiologi, Farmakologi, CBT, Ruang Kelas, Cadever, Perpustakaan, Ruang Referensi, dan sebagainya ditinjau. Ia memuji kesiapan UMB Palopo terkait pembukaan Fakultas ini. "Sangat siap. Dan mantap," kata Dra. Hj. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes setiap melihat ruangan tersebut. Pasalnya, peralatan laboratorium sudah tersedia dengan standar yang sudah ditentukan dimana rekomendasi tersebut dari FK UNhas sebagai tim pembimbing.

"Saya beberapa kali melihat pendampingan Unhas, mereka sangat bertanggung jawab," ungkap saat sambutan.

Dra. Hj. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes dalam sambutannya sebelum melakukan visitasi mengungkapkan bahwa FK Unhas sudah tidak diragukan lagi dalam melakukan pendampingan, dimana ia beberapa kali melihat pendampingan yang dilakukan tersebut. Diketahui pembukaan Fakultas Kedokteran UMB Palopo ini adalah pendampingan FK Unhas dimana telah dilalui sejumlah proses.

Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan Kemenkes RI ini juga mengungkapkan Pembukaan Fakultas Kedokteran di UMB Palopo ini, terlihat komitmen dukungan pemerintah yang sangat besar. Dimana semua stakholder hadir, seperti Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Dr dr Ishaq Iskandar, M.Kes, Wakil Walikota Palopo, Dr Ir H Rahmat M Bandaso, Pembina Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo, H Rahim Munir, SP MM, Ketua IDI Palopo, dr Abdul Syukur Kuddus, Sp.B, Direktur RS Mega Buana, Dr Herman, Perwakilan RS Sawerigading, Dinas Kesehatan Kota Palopo, Kepala Puskesmas dan seluruh pihak terkait.

"Melihat hal ini menunjukkan dukungan yang luar biasa, karena ini sangat penting untuk mendirikan Prodi Kedokteran. Memang dibandingkan Prodi yang lain, memang ini lebih banyak kebutuhannya, apalagi soal sarana dan prasarana, namun ini sangat luar biasa, dan kami menghargai ini,"katanya.

Sementara itu Rektor UMB Palopo, Dr Hj NIlawati Uly, S.Si Apt, M.Kes di awal sambutan menyampaikan komitmen UMB Palopo dalam pengembangan perguruan tinggi yang dimulai sejak tahun 2009 lalu, yang berawal dari STIKES hingga menjadi Universitas di usia 10 Tahun. Untuk persiapan dilakukan oleh UMB Palopo terkait pembukaan fakultas Kedokteran, kami telah mempersiapkan sejak 2016, diawali dengan pendirian RS Mega Buana Palopo," tandasnya.

Sebelumnya juga sudah dilakukan sejumlah tahapan diantaranya focus group discussion dan Penyusunan Kurikulum dan mempersiapkan sejumlah kelengkapan SDM dan peralatan laboratorium.(*/uce)

  • Bagikan