Kurangi Kebiasaan Ini, Bisa Jadi Penyebab Kematian di Usia Muda, Lho…

  • Bagikan
dr Ayman Alatas. --fjr--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Terkadang seringkali kita tidak memperhatikan banyak hal buruk yang sudah menjadi kebiasaan. Padahal, ketika dipelajari lebih jauh, hal tersebut bisa menjadi penyebab kematian di usia muda.

Kebiasaan itu termasuk terlalu banyak duduk, stres, melewatkan sarapan, bahkan terlalu boros, dan punya banyak utang.

Dokter keturunan Arab Ayman Alatas, menyebut ada kebiasaan buruk yang dilakukan oleh banyak orang dan mungkin dilakukan saat ini yang dapat meningkatkan risiko kematian pada usia muda.

"Ini merupakan sebuah kebiasaan di luar jam tidur yang sedikit mengeluarkan kalori," ujar Ayman dikutip fajar.co.id melalui unggahan Tiktoknya (4/9/2023).

dr Ayman Alatas menarik sebuah contoh, saat seseorang orang menonton video di Media Sosial (Medsos) sambil duduk atau rebahan hingga berjam-jam.

"Hal yang membuat kita kebanyakan duduk atau rebahan yang lebih dari delapan jam sehari itu meningkatkan berbagai risiko penyakit," tukasnya.

Penyakit yang dapat diundang kebiasaan buruk itu terbilang mengerikan. seperti obesitas, kardiovaskular, gangguan tidur, kanker, dan meningkatkan risiko kematian usia muda.

"Jadi, jangan lupa luangkan waktu olahraga minimal 30 menit setiap hari, 150 menit lah perminggu. Tapi ingat, gak boleh duduk lama," tandasnya.

Ditegaskan Ayman, seyogyanya waktu duduk dalam sehari itu harus kurang dari delapan jam. Jika tidak, maka akan berbahaya bagi kesehatan.

"Jadi waktu duduk kalian itu harus kurang dari delapan jam," imbuhnya.

Dia pun menyarankan untuk mencari aktivitas agar tidak menjadi kaum rebahan atau hanya sibuk duduk bermain handphone.

"Coba yah, daripada duduk-duduk, mending di rumah bantu orang tua, ngepel, nyapu, masak, apak kek gitu," kuncinya. (fajar/pp)

  • Bagikan