Seribu Lebih Maba Antusias Ikut PBAK IAIN Palopo

  • Bagikan
  • Citizen Reporter
    Riswan
    (Mahasiswa Magang IAIN Palopo)



    PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BALANDAI--Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) IAIN Palopo mulai dilaksanakan, Senin, 4 September 2023. Sesuai jadwal, dilaksanakan selana tiga hari, hingga Rabu, 6 September.

    Pembukaan PBAK dilaksanakan di pelataran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Diikuti lebih seribu Mahasiswa Baru (Maba).

    Para Maba tampak antusias mengikuti PBAK. Sebelum pukul 06.30 Wita, mereka sudah datang ke kampus. Hingga pukul 17.30 Wita, baru pulang.

    Salah satu Maba, Dimas yang dimintai tanggapannya melalui WhatsApp, Senin malam, mengatakan, ia sangat bersemangat.

    "Alhamdulilah saya sangat bersyukur dan sangat bersemangat dalam menjalani PBAK ini," kata Dimas, Maba Program Studi Pendidikan Agama Islam asal Kecamatan Suli Barat Kabupaten Luwu.

    Karena, lanjutnya, ini adalah salah satu pengalaman yang sangat berharga dan mungkin sulit untuk dilupakan.

    Di sini, Dimas mendapatkan sesuatu yang mungkin tidak dapatkan dari pendidikan sekolah sebelumnya. Seperti, banyak mendengar langsung motivasi dan mendapat inspirasi dari cerita-cerita orang hebat.

    "Dan itu membuat saya merasa bersemangat untuk belajar lagi karena di situ juga saya sadar betapa minimnya ilmu saya dan betapa pentingnya pendidikan di masa yang akan datang,’’ ucap Dimas.

    Adapun persiapan yang dilakukan Dimas

    Untuk mengikuti PBAK, Dimas mempersiapkan mental dan fisik. Terutama mempersiapkan sesuatu yang bersifat materi jauh hari sebelumnya. Seperti perlengkapan baju, dasi, sepatu, peci hitam, dan lainnya serta mengikuti arahan dari panitia.

    Dalam pelaksanaan PBAK hari pertama, salah satu motivasi yang didapatkan Dimas yakni "banyak orang yang
    menginginkan kesuksesan namun tidak mau mengikuti jalannya. Ketahuilah kapal tidak bisa berlayar di daratan". (*/ikh)
  • Bagikan