Gerindra Target Dua Kursi ke Senayan

  • Bagikan

Calegnya Diisi Pengusaha, Istri Pejabat, Mantan Kada, hingga Tokoh Masyarakat

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Partai Gerindra juga bertekad untuk mendulang kemenangan di Pemilu 2024, salah satunya dengan mendudukkan banyak kadernya di parlemen. Salah satunya ke Senayan (DPR RI). Jika Pileg 2019, baru mendudukkan 1 kursi, untuk Pileg 2024, target dua kursi di Senayan dari Dapil Sulsel 3.

Apalagi pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tetap menggunakan sistem proporsional terbuka, Partai Gerindra tancap gas.

Ketua DPD Gerindra Sulawesi Selatan, Andi Iwan Darmawan Aras mematok target mendudukan 6 kader ke DPR RI dari tiga dapil, dan 17 kader ke DPRD Sulsel.
Pada Pemilu 2019 lalu, Gerindra finis di urutan ketiga dengan hanya meraih 3 kursi DPR RI di Sulsel. Gerindra kalah bersaing dengan Golkar dan Nasdem yang meraih 4 kursi DPR RI.

Sementara untuk DPRD Sulsel, Gerindra meraih 11 kursi dari 11 dapil. Gerindra turun peringkat takluk di tangan Golkar 13 kursi, dan Nasdem 12 kursi.

Andi Iwan mengatakan target 17 kursi DPRD Sulsel nantinya akan menjadi syarat minimum untuk mengusung calon gubernur di Pilkada 2024. Sehingga pihaknya memang tidak pernah menargetkan di bawah itu.

Dengan keyakinan seperti itu, Andi Iwan memastikan bahwa komposisi caleg Gerindra tidak ada yang namanya caleg pelengkap. Melainkan semuanya potensial dari nomor urut 1 sampai yang terakhir sekalipun.

"Contohnya Andi Muzakkar Caleg DPR RI Dapil Sulsel 3 nomor 7, juga ada putri Ketua KKLR H. Arsyad Kasmar yakni Hj Aisyah Tiar Arsyad Kasmar nomor 2. Tapi jangan dianggap remeh. Beliau punya basis jelas di Tana Luwu.

Tujuh nama caleg pertarung Gerindra menuju Senayan, yakni, 1. Ir. H. LA TINRO LA TUNRUNG, 2. AHMAD ABDY BARAMULI, S.E, 3. Hj. AISYAH TIAR ARSYAD, S.E., M.B.A, 4. DAMAYANTI BATTI, S.I.P, 5. UNRU BASO, 6. Dra, TENRI BIBI, M.Pd, dan 7. Ir. H. ANDI MUZAKKAR, M.H.

Dari tujuh nama di atas jika dilihat mepresentasekan kewilayahan di Dapil Sulsel 3. Seperti La Tinro Latunrung yang punya basis suara di Enrekang, Ahmad Abdy Baramuli yang juga Ketua Gerindra Pinrang, Hj Aisyah Tiar yang punya basis suara di Luwu Utara, Damayanti Batti yang juga istri Wakil Bupati Toraja Utara/ Ketua Gerindra Torut Frederik V Palimbong yang punya basis massa di Torut dan Tator.

Unru Baso yang seorang pengusaha kapal yang punya basis suara di Palopo dan Luwu, Tenri Bibi yang merupakan tokoh masyarakat di Sidrap, serta Andi Mudzakkar yang mantan Bupati Luwu 2 periode.

"Kami di Gerindra tidak mengenal caleg pelengkap. Kami tidak akan memasukkan orang yang keinginan menangnya setengah-setengah. Mereka ini semua yang kami daftarkan punya gereget dan ngotot menang. Mereka semua berpikir positif mereka akan meraih kemenangan," tegas Andi Iwan.

Lebih jauh Iwan menjelaskan konsep untuk mendapatkan lebih dari satu kursi di tiap dapil adalah minimal 5 calegnya bekerja maksimal tidak setengah-setengah. (idr)

7 Caleg Gerindra DPR RI Dapil Sulsel 3

  1. Ir. H. LA TINRO LA TUNRUNG
  2. AHMAD ABDY BARAMULI, S.E
  3. Hj. AISYAH TIAR ARSYAD, S.E., M.B.A
  4. DAMAYANTI BATTI, S.I.P
  5. UNRU BASO
  6. Dra, TENRI BIBI, M.Pd
  7. Ir. H. ANDI MUZAKKAR, M.H
  • Bagikan