IC Bermasalah, Yayasan Al-Azhar Batal Kerja Sama Pemkot

  • Bagikan

Kadis Kominfo: Bahasanya Bukan Batal, tapi Belum Bisa Terlaksana

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Yayasan Al Azhar Kelapa Gading dikabarkan batal melanjutkan kerja sama dengan Pemkot Palopo. Alasannya, karena lahan Islamic Centre bermasalah.
Hal itu tersirat rilis Humas Pemkot Palopo yang terdiri tujuh point sebagaimana viral di media online, Jumat, 1 September 2023 lalu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Palopo, Hamsir Hamid ST yang dikonfirmasi Sabtu (2/9) lalu, mengatakan, sudah seperti itu, sebagaimana poin-poin yang ada pada rilis Humas Pemkot Palopo.
''Tapi bahasanya bukan batal. Melainkan, belum bisa terlaksana sesuai dengan yang direncanakan,'' terang Hamsir usai dilantik sebagai pejabat definitif Kadis Kominfo.

Pada poin 5 rilis tersebut, dijelaskan pada tanggal 28 Agustus 2023 pihak yayasan Al-Azhar mengirimkan surat Pemberitahuan Nomor 011/YAKG-Pend/VIII/45.23 kepada Pemerintah Kota Palopo yang isinya menyampaikan rencana pengelolaan sekolah Islam Al-Azhar Kelapa Gading di Kota Palopo belum bisa terlaksana sesuai dengan yang direncanakan.

Lalu poin 6 dijelaskan bahwa dengan adanya pihak-pihak yang mempermasalahkan terkait aset Islamic Center sehingga menjadi pertimbangan berat Yayasan Al-Azhar untuk melanjutkan rencana pengelolaan sekolah di Kota Palopo, tentunya merupakan hal yang tidak diharapkan bersama karena dengan begitu maka salah satu upaya pemerintah untuk menghadirkan pendidikan Islam yang baik dan berkualitas di Kota Palopo harus tertunda.

Pada poin selanjutnya dijelaskan, Pemkot Palopo tidak akan berhenti sampai disini. Akan terus berupaya untuk menghadirkan pendidikan yang maju dan modern di Kota Palopo yang lebih baik atau setara dengan Al-Azhar demi kesejahteraan masyarakat Kota Palopo.

Adapun alasan sehingga kerja sama Al-Azhar-Pemkot belum bisa terlaksana karena adanya keraguan pihak Al Ashar akibat opini yang berkembang terkait pihak-pihak yang mempermasalahkan aset lahan Islamic Center.

Sebelumnya dilansir laman palopokota.go.id, Wali Kota Palopo, HM Judas Amir meneken Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Yayasan Al Azhar Kelapa Gading (Alazka) Jakarta, Irsan Nurfaqih SST.Par terkait Pendidikan Islam Al Azhar di Islamic Centre (IC) Palopo.

Penandatanganan MoU berlangsung di Jakarta pada Kamis 26 Januari 2023. Dihadiri Waka PH Operasional & SDM, Direktur Pendidikan, Sekkot Palopo Firmanza DP, H Farid Kasim Judas (FKJ) selaku Kepala BKPSDM Palopo, anggota DPRD Palopo, dan lainnya.

Untuk diketahui, Sekda Luwu, Drs Sulaiman MM menandatangani surat berkop Pemkab Luwu nomor 900/514/BKAD/V/2023 perihal jawaban surat Dewan Pengurus Yayasan Islamic Centre Datok Sulaiman (ICDS) tanggal 9 Mei 2023.

Dalam surat itu disampaikan bahwa berdasarkan data pencatatan Kartu Inventaris Barang (KIB) BMD bahwa tanah Islamic Centre yang berlokasi di Kota Palopo tidak pernah tercatat sebagai aset Pemkab Luwu. (ikh)

  • Bagikan